Penyebab Bentrok Ormas di Duga Rebutan Limbah Pabrik, Ini Kata Kapolres

Penyebab bentrok ormas di Karawang Jawa Barat akhirnya terungkap. Informasi yang beredar, bentrok ormas di Karawang dipicu rebutan limbah pabrik.
Kendaraan Jadi Sasaran Amukan Ormasi Bentrok di Karawang


Ormas yang bentrok tersebut disebut-sebut merebutkan limbah ekonomis pabrik milik PT. Ichie Industries yang berada di kawasan industri Karawang International Industrk City (KIIC).

Akibat bentrokan tersebut, salah satu anggota ormas kritis.

Korban dikabarkan mengalami koma dan sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Korban mengalami luka yang sangat serius. Tangan korban nyaris putus akibat disabet senjata tajam.

Aparat keamanan telah berada di lokasi kejadian untuk memblokir ribuan massa yang menuju KIIC.

Sementara itu, ribuan orang yang mengatasnamakan Koalisi LSM karawang berkumpul di lapangan Karapawitan, Karawang Barat.

Koalisi LSM Karawang terdiri dari LSM NKRI, GMPI, Kompak dan LMP.

Sementara lawannya dari kelompok masa ormas GMBI dan Grip yang jumlahnya juga mencapai ribuan sudah berada di dalam KIIC.

Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono bersama Dandim 0604 Karawang, Letkol Inf Medi mencoba menenangkan massa di lokasi kejadian.
Jajaran Kepolisian dari Polres Karawang menjaga jalur masuk menuju kawasan KIIC, pintu keluar tol Karawang Barat, Karawang, Rabu (24/11/21).

Dengan menurunkan kendaraan taktis, hingga ratusan personil, Polres Karawang mencoba menahan massa dari Ormas GMBI, yang baru keluar dari kawasan KIIC, agar tidak terjadi bentrokan dengan masa Ormas lainnya.

Pantauan di lokasi, Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono mencoba berkomunikasi dengan Ormas GMBI yang sebelumnya tersulut emosi karena anggotanya menjadi korban penyerangan ormas lain dalam perjalanan, tadi pagi. Informasi yang berhasil dihimpun, ada dua orang mengalami luka-luka dan sebuah mobil jenis Brio hancur.

Keributan tersebut tepatnya terjadi di depan Hotel Resinda, Desa Purwadana, Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang sekitar pukul 12.00 WIB

Diduga massa Ormas yang terlibat bentrok ini tak hanya datang dari Karawang, tapi juga luar daerah.

“Demo terkait PT. Ichi di Karawang dan korban dari pihak GMBI Distrik Rembang Wilter Jawa Tengah,” ujar seorang petugas melalaui Whatsahap.

Dari video yang diterima, nampak seorang pria bertato mengalami luka cukup parah akibat terkena bacokan senjata tajam. Luka parah terlihat di bagian pinggul dan tangan.

“Infonya sekarang dalam perawatan di salahsatu RS yg berada di Karawang dalam keadaan koma,” ujar sumber ini.

Pantauan di lokasi, Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono mencoba berkomunikasi dengan Ormas GMBI yang sebelumnya tersulut emosi karena anggotanya menjadi korban penyerangan ormas lain dalam perjalanan, tadi pagi.

"Kita tahu hari ini ada penyampaian aspirasi di PT. Ichi Karawang oleh LSM GMBI, dimana awalnya tertib karena kita telah merencanakan pengamanan. Namun tadi ada sedikit insiden dimana salah satu temen-temen dari GMBI dari Jawa Tengah salah arah, salah arah ke kota, sehingga bertemu dengan LSM di Karawang", ujar Kapolres di lokasi.

Keributan tersebut tepatnya terjadi di depan Hotel Resinda, Desa Purwadana, Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang sekitar pukul 12.00 WIB

Diduga massa Ormas yang terlibat bentrok ini tak hanya datang dari Karawang, tapi juga luar daerah.

Kapolres Karawang menghimbau kepada semua pihak untuk menahan diri dan menjaga kondusifitas di Karawang.

"Saya himbau temen-temen, stakeholder semua, mari kita sama-sama menjaga kondusifitas di Karawang, agar Karawang tetap aman dan kondusif", pungkasnya. (Rd/Iwo)

0 Komentar

X
X