×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tahun Ini, Bidang Pangan Karawang Siap Perluas Sertifikasi PSAT

18 Jan 2022 | Selasa, Januari 18, 2022 WIB Last Updated 2022-01-18T10:14:11Z
Demi Keamanan Pangan dan Kesehatan masyarakat, Bidang Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang, bukan saja mendorong pengadaan lumbung pangan dan pemenuhan 5 komponen, tetapi juga berencana memperluas sertifikasi Pendaftaran Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) bagi penggilingan padi di bawah Rp5 Milyar. 

Kabid Pangan Yayat Rohayatie mengatakan, tahun 2021 kemarin, PSAT yang di terbitkan saat masih Dinas Pangan baru 10 diberbagai tempat dan lokasi. Namun, di tahun ini pihaknya berencana mensosialisasikan lagi untuk bisa di perluas dan di miliki setiap penggilingan padi untuk ketahanan dan keamanan pangan yang edar di masyarakat Karawang. Sebab, PSAT ini bisa meningkatkan kapasitas pangan memenuhi syarat brand produk. 

Sejauh ini, sebut Yayat, Karawang belum banyak penggilingan yang memiliki PSAT, padahal PSAT ini penting dan istimewa bagi yang sudah memilikinya, sebab produk beras yang di hasilkan bisa untuk suplai Bantuan pangan Non Tunai (BPNT) maupun peningkatan kapasitas brand produk, misalnya beras asli Karawang. Apalagi, Ibu Bupati juga berharap Karawang memiliki produk lokal yang di konsumsi dan di pasarkan dari, oleh dan untuk masyarakat Karawang. 

"Tahun kemarin ada 10 yang sudah PSAT, tahun sekarang insha Allah luta sosialisasikan lagi dan berharap bisa lebih luas, karena penggilingan padi yang memiliki PSAT ini banyak memiliki manfaat dan keistimewaan tersendiri, " Ungkapnya, Selasa (18/1).

Program 2022, bidang pangan sambung Yayat, pihaknya unggulkan ketahanan pangan dan ketersediaan pangan di Daerah, salah satunya adalah pembangunan lumbung pangan pokok seperti beras. Dimana lumbung di desa ini diharapkan bisa sejahterakan petani. Jadi ketika panen, mereka tidak langsung jual padi, tapi lebih tertarik pada jual beras. Sebab, pemerintah sudah membantu lewat DAK untuk pengadaan 5 komponen, seperti gudang Gabah, Gedung RMU, Pengering, Mesin RMU, hingga Bedrayer menggunakan Biomas. 

Yayat Rohayatie, Kabid Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang

"Jadi produk lokal di kelola dan di nikmati masyarakat lokal itu jadi lokus kami, utamanya pangan pokok ditahun ini, " Ujarnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS