×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Angin Kencang Melanda Jabodetabek, BMKG: Dipicu Awan Konvektif dari Banten

6 Mar 2022 | Minggu, Maret 06, 2022 WIB Last Updated 2022-03-06T01:01:00Z

Angin kencang melanda Jabodetabek pada hari ini, Sabtu, 5 Maret 2022, sekitar pukul 12.40 WIB. Angin kencang disertai hujan ringan tersebut berlangsung sekitar 10 menit.

Sebelumnya, pada siang hari, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca. "Waspada potensi hujan disertai kilat/petir di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari," tulis BMKG dalam laman resminya, Sabtu, 5 Maret 2022.

Untuk cuaca di wilayah seputar Jakarta, BMKG memperkirakan akan terjadi hujan yang disertai kilat dan angin kencang pada siang hingga malam hari di Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, serta Kota Depok. Hujan diperkirakan turun dengan intensitas sedang.

Peringatan dini juga dikeluarkan oleh BMKG untuk cuaca di wilayah Banten. "Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Pandeglang bagian barat, Kabupaten Lebak bagian utara, Kabupaten Tangerang bagian selatan, dan Kota Tangerang Selatan," tulis BMKG dalam laman resminya hari ini.

Menurut Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin, berdasarkan pantauan citra radar dan citra satelit, kejadian angin kencang di wilayah Jabodetabek tersebut dipicu oleh sistem awan konvektif seperti jenis Cumulonimbus (Cb) yang bergerak dari wilayah barat Banten ke arah timur menuju wilayah Jabodetabek dengan dimensi sistem awan yang memanjang dari utara ke selatan.

“Keberadaan sistem awan konvektif yang bergerak dari arah barat tersebut, selain menimbulkan hembusan angin yang cukup kencang, juga menyebabkan terjadinya hujan di wilayah Banten dan Jabodetabek dengan durasi yang beragam ringan hingga lebat dalam durasi singkat seperti yang terlihat dari citra radar cuaca,” kata Miming lewat pesan singkat.

Data Command Center Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta menyebutkan banyak permintaan evakuasi pohon tumbang, di antaranya di Kelurahan Papanggo, Semper Barat, Cibubur, Pegangsaan Dua, Utan Kayu, Cipete Selatan, Pondok Kelapa, Kebayoran Lama Selatan, Gunung Sahari Selatan, Kelapa Gading Barat, Jatipadang Jagakarsa dan Tomang.

Video yang beredar menunjukkan kebanyakan pohon tumbang ke jalan, ada pula ke jembatan. Namun di Kelurahan Jatipadang, pohon besar menimpa empat rumah. Dalam pengerjaan evakuasi, pemadam kebakaran dibantu PPSU.

Sebuah video memperlihat kaca lantai dua sebuah ruko pakaian muslim di wilayah Jakarta Timur pecah berantakan akibat angin kencang. Juga beredar video tenda pernikahan di Kemanggisan, Jakarta Bara,t roboh.

Juga beredar video di Cipondoh, sebuah gardu roboh akibat angin kencang. Di Ciledug, baliho Hypermart roboh dan atap pasar Lembang terbang sebagian.

Di Pamulang, tiga kendaraan, yakni satu truk boks, satu mobil pribadi dan satu unit motor saat melintas di Jalan Raya Padjajaran, Pamulang, Tangerang Selatan, tertimpa pohon tumbang karena diterjang angin kencang.

Kanit Lantas Polsek Pamulang, Ajun Komisaris Tukino saat ditemui mengatakan bahwa kejadian pohon tumbang terjadi sekitar pukul 12.45 WIB yang mengakibatkan dua kendaraan roda empat dan satu kendaraan roda dua rusak.

"Untuk korban luka berat tidak ada, hanya luka ringan yang menimpa sopir truk, seluruh korban sudah dibawa ke RSU Kota Tangsel untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut," ungkapnya.

Plafon atap Mall Lippo, Kemang, Jakarta Selatan runtuh. Sejumlah pengunjung dilaporkan terluka akibat tertimpa reruntuhan plafon ini.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Herbert Plider Lumban Gaol, menyampaikan, "Beberapa korban telah diamankan petugas sementara untuk diberikan pertolongan pertama ke RS Brawijaya dengan didampingi pihak manajemen."(***)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS