Anggota Komisi V DPR RI Irwan menyatakan Komisi V DPR RI berkomitmen penuh siap mengawal pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara agar dapat terlaksana sebagaimana rencana. Meski demikian, Irwan menegaskan Komisi V DPR RI tetap memberikan berbagai pandangan kritis yang wajib menjadi perhatian serius pemerintah pusat dalam pembangunan IKN Nusantara yakni terutama diperlukan perencanaan skema pembangunan komprehensif dan terintegrasi dengan memperhatikan pembangunan daerah sekitar sebagai penyangga IKN serta pembangunan wilayah terdekat dalam hal ini kawasan timur Indonesia.(20/4/22).


Hal itu disampaikan Irwan saat memimpin kunjungan kerja reses Komisi V DPR RI ke Titik Nol IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin kemrin,(18/4/2022) “Terdapat tiga tujuan utama IKN yakni simbol identitas nasional, kota berkelanjutan di dunia serta sebagai penggerak ekonomi Indonesia di masa depan. Pembangunan IKN menjadi upaya mengubah paradigma pembangunan menjadi Indonesia-sentris. Maka, kegiatan perencanaan dan pembangunan IKN tentu menjadi tugas bersama dalam rangka mendorong percepatan pemerataan dan meningkatkan perekonomian kawasan timur Indonesia,” jelas Irwan.

Ia lebih lanjut menuturkan, Komisi V 


DPR RI meminta Pemerintah Pusat meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur pendukung konektivitas. Terutama, tandas Irwan, seperti jalan dan jembatan serta dukungan ketersediaan sarana dan prasarana dasar seperti instalasi pengolahan air bersih, sanitasi, dan perumahan di wilayah terdekat dalam hal ini kawasan timur Indonesia. Tak hanya itu, diperlukan dukungan secara maksimal terhadap upaya pemanfaatan teknologi yang optimal dalam mendukung IKN Nusantara menjadi smart forest city yang ramah lingkungan.


“Terlebih, pembangunan IKN Nusantara sekaligus juga dimaksudkan sebagai role model kota di Asia. Maka, Komisi V DPR RI menekankan kepada Pemerintah Pusat terutama dalam hal pentingnya peningkatan koordinasi dan sinergisitas lintas sektoral dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan. Termasuk, koordinasi terhadap dampak sosial kemasyarakatan dan lingkungan dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur di IKN Nusantara,” pungkasnya.(na)