×

Iklan

Indeks Berita

Peringati Hari Bumi, Mahasiswa UNSIKA Sosialisasi Perihal Sampah Plastik Pada Pedagang Kaki Lima

23 Apr 2022 | Sabtu, April 23, 2022 WIB Last Updated 2022-04-22T17:55:36Z

Mahasiswa/i program studi Ilmu Komunikasi Universitas Singaperbangsa Karawang mengadakan sosialisasi perihal sampah plastik kepada beberapa pedagang kaki lima di depan gedung Universitas Singaperbangsa Karawang dalam rangka memperingati Hari Bumi pada 22 April 2022. 

Foto : Mahasiswa Unsika

Seperti yang kita ketahui bahwa sampah plastik merupakan salah satu masalah dunia terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Setiap harinya, jumlah sampah plastik yang mencemari bumi terus bertambah menyebabkan dampak buruk kepada manusia, satwa maupun tumbuhan. 

Mahasiswa sebagai agen perubahan memiliki peran penting dalam mengubah kebiasaan buruk yang ada di lingkungannya, maka dari itu kelompok 1 yang beranggotakan Cinta Rasca Leksono, Muhamad Putra Ramadhan, Fujianthy Kartikasari, Rosalinda Mardiana Putri, Elisa Febriana dan Syifa Zahra Salsabilla mengadakan sosialisasi terkait bahayanya penggunaan sampah plastik bagi bumi kepada pedagang kaki lima.

Sebagai pendukung bentuk sosialisasi yang dibuat oleh mahasiswa UNSIKA ini, mereka membuat poster yang berisikan dampak negatif penggunaan plastik untuk bumi dan bagaimana cara mencegah penggunaan tersebut serta mengedukasi untuk perlahan mengurangi penggunaannya. 

Tak sampai situ, mereka juga memberikan satu kantong plastik yang berisikan 100 plastik ramah lingkungan sebagai bentuk sample bagaimana seharusnya pedagang tetap dapat memakai plastik namun dengan jenis yang berbeda karena di dalam plastik ramah lingkungan mengandung bahan oxium yang secara alamiah dapat mempercepat proses penguraian sampah plastik.

Ya pokoknya kita sebagai mahasiswa sangat berharap dengan diadakannya sosialisasi ini dapat membantu sedikit demi sedikit permasalahan di bumi salah satunya terkait penggunaan sampah plastik. Kita mulai dari lingkungan sekitar dahulu, contohnya di lingkungan sekitar Universitas Singaperbangsa Karawang yaitu kampus tempat kami menimba ilmu yang dimana kesehatan dari jajanan yg kami konsumsi menjadi fokus utama yg harus kami perhatikan demi citra kampus dan lingkungannya yg ramah terhadap keberlangsungan bumi.” Tutur Muhamad Putra Ramadhan, selaku perwakilan dari mahasiswa. 

Mahasiswa UNSIKA bersyukur kegiatan ini disambut baik oleh para pedagang kaki lima, mereka pun berharap bahwa pedagang kaki lima dapat menerapkan apa yang sudah disampaikan pada sosialisasi tadi.***CNT

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS