HEADLINE
---

Viral Ceramah Ustaz Yazid bin Abdul Qadir Akibat Haramkan Tabuh Bedug

Viral Ustaz Yazid bin Abdul Qadir Jawas mengharamkan penggunaan bedug di kegiatan agama Islam. Pernyataan Ustaz Yazid ini viral setelah di unggah akun video TikTok @nuisme.id.

Ustaz Yazid bin Abdul Qadir Jawas

Dalam video berdurasi singkat itu ustaz Yadiz tengah menjelaskan beberapa alat musik yang diharamkan dalam Islam.

"Semua alat musik termasuk bedug hukumnya haram," kata Ustaz Yazid.

Meski bedug selama ini turut membantu syiar agama Islam di Indonesia. Ustaz Yazid memiliki beberapa alasan kuat mengapa ia mengharamkan bedug tersebut.

"Menabuh beduh itu tidak memiliki hubungan apapun dengan ajarab Islam. Dan perlu diketahui bedug bukan berasal dari agama Islam. Menabuh bedug juga merupakan kebiasaan orang-orang kafir yang biasa digunakan untuk memanggil roh-roh nenek moyang mereka," kata Ustaz Yazid.

Unggahan video itu pun mendapatkan berbagai komentar dari warganet. Tak sedikit dari mereka justru mengecam pernyataan Ustaz Yazid itu.

"NU nggak pernah mempermasalahkan sesuatu benda yang dianggap budaya. Kalau orang kurang bergaul ya kayak gini pengetahuannya dangkal," kata warganet.

"Maklum gak ada kopi, ngomongnya ngawur," kata warganet.

"Ustaz, kalau bicara tak pakai mic itu bida'ah," celetuk warganet.

"Kalau ntar viral terus diserbut netizen, bilangnya ceramah untuk kalangan sendiri, mau ceramah apa mau membawa kearah radikal," kata warganet.

"Kenapa pemerintah tidak tegas pada orang seperti ini? Udah jelas niatnya mau hilangkan budaya Indonesia," kata warganet.***

"Ceramah begini sudah ada sejak tahun 90an, segala macam di haramkan. Tapi dulu belum ada medsos, jadi tidak tersebarkan," kata warganet.***

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan