×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Indonesia Pimpin Pertemuan Menteri Kesehatan se-ASEAN

12 Mei 2022 | Kamis, Mei 12, 2022 WIB Last Updated 2022-05-12T16:25:48Z

Pertemuan Menteri Kesehatan se-ASEAN ke-15 (15th AHMM) telah dimulai dengan diawali persiapan Pertemuan Pejabat Senior (Preparatory Senior Officials Meeting for the 15th ASEAN Health Ministers Meeting) yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha.

Rapat Asian

Melalui keterangan resminya, Kamis (12/5/2022), Kunta mengajak seluruh sektor kesehatan di ASEAN untuk sigap atasi kedaruratan kesehatan.

“Kita harus menunjukkan bahwa semua sektor kesehatan ASEAN bekerja sama secara efisien dan tepat waktu dalam menangani keadaan darurat kesehatan masyarakat,” kata Kunta.

Ia pun mengapresiasi para petugas kesehatan yang telah menyelamatkan ratusan juta populasi negara anggota ASEAN dari pandemi COVID-19.

Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk berbagi pengetahuan, merekomendasikan, termasuk pernyataan bersama tentang pertimbangan, notasi, adopsi, atau pengesahan dalam AHMM ke-15.

AHMM yang dipimpin Kemenkes diselenggarakan di Nusa Dua Bali pada 11-15 Mei 2022. Secara umum, kegiatan terdiri dari dua pertemuan utama, yakni pertemuan Senior Officials Meeting on Health Development (SOMHD) yang akan dipimpin Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha.

Kemudian ASEAN Health Ministers Meeting (AHMM) akan dipimpin langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. Peserta pertemuan adalah menteri kesehatan dan pejabat senior dari sembilan negara anggota ASEAN.

Pada pertemuan AHMM akan dibahas Topic for the Retreat: Mutual Recognition Arrangement on COVID-19 Health Certificates, dan AHMM Plenary: Building Regional Health System Resilience and Accelerating COVID-19 Recovery.

Pertemuan tersebut diharapkan dapat menghasilkan Penilaian Jangka Menengah Agenda Pembangunan Kesehatan ASEAN pasca 2015 (ASEAN Post-2015 Health Development Agenda) atau APHDA 2016-2020, Kerangka Strategis APHDA, Program Kerja APHDA 2021-2025.

Kemudian Pembentukan Platform Manajemen Pengetahuan, ASEAN Fun Aerobic Dance (AFAD), Protokol Kesehatan ASEAN, Protokol Penelusuran Kontak Lintas Perbatasan ASEAN dan Investigasi Wabah Bersama, Deklarasi Pemimpin ASEAN tentang Reformulasi dan Produksi Makanan yang Lebih Sehat dan Pilihan Minuman.(nas)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS