Dijaman kekinian banyak cara dalam memajukan atau membantu warga desa oleh Kepala Desa (Kades,red), termasuk di Desa Pasirtalaga yang berada di Kecamatan Telagasari, Karawang.

Diketahui di wilayah pemerintahan Kecamatan Telagasari ada 14 desa, satu diantaranya di pimpin oleh seorang perempuan yang sangat cantik, dia adalah Hj Yani Utari Indrayani, (15/5/2022).
Hj. Yani Utari Indrayani Kades Pasirtalaga

Desa yang dipimpin Hj. Yani Utari Indrayani tersebut memiliki 5 program yang diunggulkan diantaranya, 1. Pasirtalaga Cerdas, 2. Pasirtalaga Sehat ,3. Pasirtalaga Peduli, 4. Pasirtalaga Aman , 5. Pasirtalaga Sejahtera.

Yang sangat menarik untuk sekian program yang ada di Desa Pasirtalaga, adalah bagi setiap penduduk atau warga yang melahirkan akan mendapatkan bantuan dari desa sebesar 1 juta rupiah.

Hj. Yani sebutan lain dari Kades Hj.Yani Utari Indrayani mengungkapkan, setiap penduduk yang berKTP asli Desa Pasirtalaga akan mendapatkan bantuan dana kelahiran, pernikahan, bahkan sampai dana kematian.

Ketiga bantuan tersebut besaranya rata-rata satu juta rupiah yang bersumber dana dari DD, PADes, semalah ada kalanya harus keluar dari kocek pribadi untuk menambahnya, terang Hj.Yani, saat diwawancarai awak media via telepon (15/5/22).

Hj.Yani merincikan untuk bantuan bea melahirkan, pernikahan atau hajatan sunatan, warga sakit atau meninggal dunia, itu masuk ke dalam program Pasirtalaga Peduli. Lalu untuk bantuan bea kursus-kursus atau bea siswa kependidikanan masuknya ke program Cerdas, imbuhnya.

Program-program yang ada sudah berjalan baik dan sudah ternikmati oleh warga Desa Pasirtalaga, aku dari Kades Hj.Yani.

Kemudian ungkapnya, untuk program Pasirtalaga Aman meliputi kegiatan Siskamling dan Penyuluhan Hukum , itu juga sudah berjalan. Alhamdulillah dengan berjalannya ke dua isi program tersebut di wilayah desa kami saat ini minim dari tindakan kriminalitas dan warga setempat pun sudah banyak yang tahu tentang hukum (melek,red),ucap bangga Hj.Yani.

Kades Pasirtalaga sebutkan untuk program Pasirtalaga Sehat di isi oleh Pengobatan Gratis, pembuatan Sarana olahraga termasuk hadirnya Senam Gratis bagi kaum ibu atau remaja .

Tak hanya itu karena masih ada program Pasirtalaga Sejahtera, sambung Kades Pasirtalaga, di dalam program ini pihak desa menggratiskan pembuatan dan pengurusan KTP - KK bagi warga setempat dan yang utama kami menggenjot habis pembangunan di bidang insfratruktur, pungkas Hj.Yani. (red).