Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh menyebutkan kesejahteraan para penilik pendidikan di daerahnya layak untuk ditingkatkan agar mutu dan kualitas pendidikan ikut meningkat.

Wabup Karawang

"Ke depan kami akan berupaya meningkatkan kesejahteraan para penilik sekolah," katanya menghadiri Halal Bil Halal Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Karawang, Kamis.

Ia mengatakan, sebenarnya kesejahteraan para penilik di Karawang sudah lumayan bagus dibandingkan dengan daerah lain. Namun ada keinginan para penilik untuk lebih ditingkatkan lagi.

"Tetapi kita harus lihat dulu kemampuan keuangan atau anggaran kita. Kesejahteraan mereka layak untuk ditingkatkan agar kualitas pendidikan ikut meningkat pula," katanya.

Menurut dia, penilik merupakan salah satu garda utama, karena sekolah pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling dasar bagi anak-anak untuk menjadi generasi yang berkualitas. "Mudah-mudahan ke depan Pemkab Karawang bisa memberikan perhatian yang lebih baik lagi kepada para penilik," katanya.

Ketua IPI Karawang, Tatang Sudrajat, mengatakan, sampai saat ini jumlah penilik pendidikan yang ada di Karawang sebanyak 103 orang. Jumlah ini masih terbilang minim dibandingkan dengan jumlah sekolah yang ada.

“Penilik ini merupakan tenaga kependidikan sebagai pelaksana teknis fungsional dengan tugas utama melaksanakan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PAUD, pendidikan kesetaraan dan keaksaraan serta kursus pada jalur PNFI (Pendidikan Nonformal dan Informal),” kata Tatang.

Perlu diketahui Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh SE menghadiri acara halal bihalal Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Karawang, di Indo Alam Sari Karawang, Kamis 19 Mei 2022.

Dalam acara tersebut, sekaligus melepas tiga penilik yang purna bakti. Ketiga penilik yang purna bakti diantaranya ibu Hj. Rahayu Ningsih, Mahmud Iskandar dan Awang Andi Irawan.

Dalam sambutannya Wabup mengucapkan terima kasih atas kinerja para penilik yang telah melakukan pengendalian mutu dan evaluasi pada pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan kesetaraan dan keaksaraan serta kursus pada jalur pendidikan non-formal dan informal.

Wabup mengatakan, selain silaturahim, momen halal bihalal untuk mensinergikan komunikasi antara semua pihak yang terkait dalam tugas dan fungsi penilik PAUD.

"Saya juga ucapkan terima kasih dan merasa bangga atas kinerja rekan penilik yang beralih tugas dan telah menjalani purna tugas," kata Wabup.

Dalam acara halal bihalal tersebut dihadiri oleh 103 orang penilik, 3 purna bakti dan 12 undangan yang hadir. (disk)