Pembangunan fisik atau infrastruktur pada Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan tahun anggaran 2022 di Desa Sungai Buntu, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang mencapai 85 persen.


Pada program tersebut, Komandan Korem (Danrem) 063/Sunan Gunung Jati, Kolonel Inf Dany Rakca, didampingi Komandan Kodim (Dandim) 0604/Karawang Letkol Kav Makhdum Habiburrahman meninjau langsung proses pembangunan TMMD di desa tersebut. Turut diikuti pula oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang, Koramil Pedes, Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Buntu dan beberapa tokoh masyarakat Desa Sungai Buntu.

“Ada 20 sasaran kegiatan dari TMMD ini, In Syaa Allah sesuai dengan target dan akan selesai sampai nanti penutupan pada 9 Juni 2022, sampai saat ini hasilnya secara keseluruhan sudah ada 85 persen masih ada 10 hari untuk mencapai 100 persen semua,” ujar Kepala Bidang Peningkatan Kerjasama Desa (PKD) pada DPMD Kabupaten Karawang usai melakukan peninjauan, Selasa (31/5//2022).

“Tinggal yang jembatan ada satu, rulahu (rumah layak huni) masih ada kita bangun lima rumah, beberapa pos kamling ada tiga dan semua hampir selesai, yang sudah selesai itu jaling (jalan lingkungan) dan japak (jalan setapak), pembangunan air bersih, dan rumah ibadah,” tambahnya.

Dia berharap, pada kegiatan TMMD ini bisa membangun sinergitas antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang dengan TNI agar terus hadir bersama masyarakat dalam membangun desa-desa.

“Kegiatan tentu dibantu oleh TNI dan masyarakat sekitar, harapannya pada kegiatan kita sinergitas kita antara Pemkab Karawang dengan TNI terus sinergi untuk bisa hadir bersama dalam membangun pada wilayah pedesaan. Ya mungkin untuk masyarakat desa bisa menjaga hasil-hasil yang sudah kita buat, baik pembangunannya, penggunaannya, dan pemeliharaannya baik pemerintah desa maupun masyarakat sekitarnya,” ucapnya.

Pada tanggapan masyarakat sendiri, lanjut Somantri, masyarakat merasa terbantu dengan hadirnya TMMD ini, sebab, pembangunan yang dilakukan ini guna memperlancar dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Alhamdulillah, seperti tadi disampaikan oleh pemilik rumah rutilahu disampaikannya tadi sangat berterimakasih sudah bisa membantu, tentunya juga sama dengan pembangunan jalan yang bagus itu bisa meningkatkan pembangunan ekonomi bagi masyarakat agar lancar dan sebagainya,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Buntu, Asep Saeful Rahman menuturkan, pihaknya mengapresiasi pihak TNI dan Pemkab Karawang dalam pembangunan fisik atau infrastruktur pada desanya. Sebab, beberapa infrastruktur yang telah dibangun memberikan harapan kepada warganya dalam meningkatkan ekonomi.

“Alhamdulillah dengan adanya TMMD ini masyarakat merespon dengan baik, sangat antusias dengan hadirnya bapak-bapak TNI karena harapan-harapan masyarakat yang diminta itu tercukupi. Yang menjadi keinginan besar masyarakat adalah jembatan dan jalan setapak karena di situ merupakan akses perekonomian warga di desa ini berjalan,” ungkapnya. (disk)