Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membuka pertemuan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali pada Rabu (25/5/2022). 

Jokowi

"Nanti akan dibuka langsung oleh Bapak Presiden," kata Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, saat meresmikan Rumah Resiliensi Indonesia di Bali Collection, Nusa Dua, Bali pada Senin (23/5/2022). 

Penyelenggaraan GPDRR berlangsung mulai 23-28 Mei 2022, bertempat di kawasan Nusa Dua, Bali. 

Pada hari pertama, akan diselenggarakan diskusi World Reconstruction Conference (WRC) ke-5 yang merupakan bagian dari Preparatory Meetings GPDRR ke-7 Tahun 2022.

Agenda Indonesia dalam penyelenggaraan WRC tersebut, agar pemulihan sosial dan ekonomi dapat menjadi jalur dalam membangun ketangguhan atau resiliensi bangsa serta pemulihan dari pandemi COVID-19.

Melalui forum GPDRR, khususnya kegiatan WRC 5 ini, diharapkan akan menghasilkan empat capaian antara pertama, memberikan praktik yang baik dan rekomendasi bagi pemangku kebijakan. 

Kedua, didapatkan pesan kunci dari joint communique pada sesi-sesi WRC. Ketiga, meningkatkan pentingnya pemulihan atau membangun kembali lebih baik untuk Pengurangan Risiko Bencana. Keempat, memberikan masukan untuk review mid-term SFDRR.(nas)