×

Iklan

Indeks Berita

Sekilas Partai Politik Baru Partai Pelita Besutan Din Syamsudin

17 Mei 2022 | Selasa, Mei 17, 2022 WIB Last Updated 2022-05-17T14:57:11Z

Inilah profil Partai Pelita seperti kepanjangan dan tahun didirikan beserta penjelasan mengenai jabatan yang diemban oleh Din Syamsuddin.

Menjelang kontestasi politik pada tahun 2024, berbagai partai politik baru pun kemudian bermunculan untuk memberikan tawaran gagasan baru ke muka publik masyarakat Indonesia.

Adanya atau pendirian berbagai politik baru di Indonesia ini sendiri seperti yang diketahui merupakan dilindungi oleh Undang Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik.

Dalam Undang Undang tersebut diatur pula mengenai syarat dan ketentuan pendirian atau munculnya partai politik seperti yang terdapat dalam Pasal 2 UU No 2 Tahun 2011 tersebut.

Salah satu partai politik yang kemudian muncul dan telah resmi didirikan yaitu Partai Pelita yang diketahui mendapatkan perhatian publik setelah didirikan oleh salah satu tokoh yaitu Din Syamsuddin.

Sehingga dengan telah resmi didirikan, membuat Partai Pelita menjadi salah satu partai yang dimungkinkan nantinya akan turut serta dalam kontestasi politik atau Pemilihan Umum yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.

Profil Partai Pelita

Muncul atau lahirnya Partai Pelita sendiri diketahui secara resmi didirikan melalui deklarasi yang dilaksanakan pada 28 Februari 2022 yang lalu dan juga secara resmi menunjuk struktur partai tersebut.

Diketahui berdasarkan laman Instagram resmi Partai Pelita yaitu @partai.pelita, bahwa pendirinya yaitu Din Syamsuddin kini mengemban jabatan sebagai Majelis Permusyawaratan Partai atau MPP.

Nama Din Syamsuddin sendiri tentunya sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia, pasalnya dirinya pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada periode 2005 hingga 2015.

Sedangkan, selain terdapat jabatan MPP yang dijabat oleh Din Syamsuddin yang sekaligus pendiri, Partai Pelita sekaligus melantik struktur DPP pada partai yang baru saja dibentuk tersebut.

Diketahui bahwa Ketua Umum DPP Partai Pelita yang telah ditunjuk untuk periode 2022 hingga 2027 tersebut yaitu Beni Pramula, S.I.Kom., M.M. dan juga Tantan Taufik Lubis, S.IP, M.H.

Sedangkan mengenai Surat Keputusan atau SK resmi pendirian Partai Pelita tersebut secara resmi didapatkan yaitu pada 7 Maret 2022 yang lalu dari Menkumham Yasona Laoly kepada Ketua Umum Partai Pelita.

Berdasarkan pada unggahan Instagram resmi Partai Pelita, diketahui telah melaksanakan Rapat Kerja Nasional atau Rakernas 2022 ini di Ancol, Jakarta pada 15 hingga 17 Mei 2022.

Rakernas 2022 Partai Pelita tersebut dihadiri oleh sejumlah perwakilan partai yaitu seperti dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Kepulauan Riau.

Demikianlah informasi yang dapat diberikan profil dari Partai Pelita lengkap dengan kapan didirikan dan jabatan struktur partai yang baru saja berdiri tersebut.(*)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS