×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Siapa Juara Thomas Cup 2022, Indonesia atau India, Ini Jawabannya

14 Mei 2022 | Sabtu, Mei 14, 2022 WIB Last Updated 2022-05-13T18:25:59Z

Indonesia memastikan tiket ke final Thomas Cup 2022 setelah menang dramatis 3-2 atas Jepang di Lapangan 2 Impact Arena, Bangkok, Thailand, pada Jumat, 13 Mei 2022.

Piala Thomas Cup

Angka pertama bagi Indonesia disumbang oleh Anthony Sinisuka Ginting. Tunggal putra peringkat kelima dunia itu mengalahkan rivalnya Kento Momota dalam rubber game.

Ini merupakan kemenangan kelima yang didapat Anthony dari 16 kali pertemuannya dengan Momoto.

Selain itu, ini juga kemenangan pertamanya yang berlangsung dalam tiga gim. Sebelumnya, Anthony selalu menang straight set atas mantan nomor satu dunia itu.

Kemenangan dramatis juga diperoleh Indonesia di laga kedua melawan Jepang. Ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Mohammad Ahsan berjuang tiga gim untuk mengalahkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Jojo

Jepang kemudian memperkecil kedudukan menjadi 1-2 di pertandingan ketiga. Tunggal putra mereka Kenta Nishimoto berhasil mengalahkan Jonatan Christie dua gim langsung.

Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang turun di laga keempat, juga menghadapi partai dramatis melawan ganda putra Yuta Watanabe/Akira Koga.

Peringkat ketujuh dunia itu kehilangan gim pertama dan membuat comeback di gim kedua. Namun, kalah pada gim ketiga sehingga laga pun berlanjut ke tunggal terakhir.

Shesar Hiren Rhustavito yang bermain di laga terakhir pun kemudian memastikan tiket final bagi Indonesia. Ia menang dua set langsung atas Kodai Naraoka.

Di pertandingan pamungkas nanti Indonesia akan menghadapi India. India untuk pertama kalinya menembus laga final Thomas Cup setelah mengalahkan Denmark, 3-2.

Indonesia adalah juara bertahan di Thomas Cup dan ditargetkan bisa mempertahankan gelar. Tahun lalu gelar didapat Indonesia setelah menang atas China.

Tim bulu tangkis putra India mencetak sejarah. Mereka lolos ke final Piala Thomas 2022 seusai mengalahkan Denmark 3-2.

India melawan Denmark pada semifinal Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Jumat (13/5/2022). Dalam laga ini, Denmark yang menjadi salah satu unggulan juara dijagokan ke final.

Namun, prediksi itu dimentahkan India. Kidambi Srikanth cs mampu membawa negaranya melaju ke final Piala Thomas 2022.

India menang 3-2 atas Denmark dalam laga tersebut. Poin penentuan pemenang disumbangkan oleh Prannoy Haseena Sunil Kumar yang tampil di partai kelima. Dia menang melawan Rasmus Gemke dengan skor akhir 13-21, 9-21, dan 12-21.

Lolos ke Piala Thomas 2022 merupakan sejarah baru bagi dunia bulu tangkis India. Ini merupakan kali pertama mereka menyentuh partai puncak.

Prestasi terbaik India di Piala Thomas terjadi pada 1979. Mereka finis sebagai semifinalis pada saat itu.

Di partai final Piala Thomas 2022 nanti, India akan berjumpa dengan juara bertahan Indonesia. Pada saat yang sama, tim Merah-Putih mengalahkan Jepang 3-2.

Laga penentuan pemenang Indonesia atas Jepang dilakukan tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito. Dia mengalahkan Kodai Naraoka 21-17, 21-11.

Siapakah menjadi juara Thomas Cup 2022?.

Tunggu pertandingan antara Timnas bulu tangkis Indonesia lawan India pada hari Minggu ! (*)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS