Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana melepas jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama di Kabupaten Karawang pada Senin (6/6/2022) malam, di Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang.
Bupati di pelepasan jammah haji Kloter pertama di Pemda Karawang

"Alhamdulillah Wa Syukurillah, Hari ini adalah hari kebahagiaan bagi kita semua, hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kabupaten Karawang bahwa saudara-saudara kita InsyaAllah bisa mengunjungi rumah Allah dan InsyaAllah kembali dalam keadaan sehat dan juga menjadi haji yang mabrur mabruroh," ungkapnya.
Mobil jammah haji Karawang



Dikatakan Bupati, panitia sudah melaporkan bahwa ada 404 jemaah yang akan berangkat pada malam ini di Kloter 05 dari Jawa Barat.
Jadwal haji karawang

"Mudah-mudahan ini menjadi simbol semangat untuk kita semua, walaupun regulasi pemerintah hari ini kita baru bisa 50 persen dari kapasitas normal, biasanya yang berangkat itu 2000, jadi saya biasanya mengantarkan jamaah haji itu jam 1 pagi, bisa sampai 6 sampai 7 kloter biasanya setiap tahunnya," ujar Bupati.
Bupati di pelepasan jammah haji Kloter pertama di Pemda Karawang

Padamasa PandemiCovid-19, lanjut Bupati, pihaknya harus melapangkan dada dan bersabar lantaran dalam kurun dua tahun harus mengurungkan niat masyarakatnya untuk bertolak ke tanah suci karena Pandemi Covid-19.

"Dua tahun kita berhenti, dua tahun karena pandemi karena kita ada keterbatasan atas ketetapannya dan hari ini bisa kita mulai pemberangkatan saudara-saudara kita yang sangat bahagia pada momentum yang mudah-mudahan bisa menjadi semangat kita semua," kata dia.

Dia berharap, pada pemberangkatan calon haji (calhaj) di tahun depan bisa terus bertambah kuota pemberangkatannya.

"Mudah-mudahan haji di tahun depan bisa bertambah dan menjadi 2000 lagi, bisa kembali lagi normal, karena barusan kita dengar kalau kuotanya 40 ribu kita harus menunggu lagi 40 tahun, apalagi ada regulasi baru batas usia umur 65 tahun," kata dia.

"Mudah-mudahan kebijakan pun untuk orang tua kita yang sudah bertahun-tahun lamanya menunggu mudah-mudahan tahun depan sudah endemic full sehingga orang tua kita yang diatas 65 tahun bisa berangkat ke tanah suci, Aamiin," imbuhnya.

Usai sambutan, secara resmi Bupati Cellica melepas melepas jemaah haji kloter pertama di Kabupaten Karawang.

"Dengan mungcapkan Bismillahirrahmanirrahim pada hari ini hari Senin 6 Juni 2022 pelepasan calon jamaah haji musim haji 1443 Hijriah dengan ini saya nyatakan resmi dilepas," ucapnya. (diks)