×

Iklan

Indeks Berita

Kadistan Karawang : Beli Hewan Qurban Berkalung Label Sehat !

30 Jun 2022 | Kamis, Juni 30, 2022 WIB Last Updated 2022-06-30T08:43:11Z
Jelang hari raya idul adha 10 Juli mendatang, sejumlah lapak dan peternakan hewan kurban mulai di sasar Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang. Tim Kesehatan Hewan Veteriner Bidang Peternakan dan sejumlah penyuluh pertanian, turun gunung memeriksa kesehatan hewan kurban. Bagi yang layak, Dinas Pertanian melalui timnya kalungkan label kalung sehat ke setiap hewan kurban, baik jenis domba, sapi maupun kerbau, Kamis (30/6/2022).

Foto : Penyuluh dan Tim Kesmavet Dinas Pertanian Karawang Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban Sepekan Terakhir dan Melabeli kalung sehat

"Mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi, juga persiapan Idul Adha, masyarakat diharapkan beli hewan kurban baik sapi maupun domba itu yang sudah di kalungi label sehat. Jadi ketika kalung sehat di sematkan, itu artinya hewan kurban layak di sembelih dan di konsumsi masyarakat, " Kata Kepala Dinas Pertanian Karawang Ir Hanafi Chaniago, Rabu kemarin (29/6/2022).


Foto : Penyuluh dan Tim Kesmavet Dinas Pertanian Karawang Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban Sepekan Terakhir dan Melabeli kalung sehat


Subkoor Kesehatan Hewan Veteriner bidang Peternakan Dinas Pertanian Karawang, Siti Komalaningsih mengungkapkan, pihak dinas siapkan 11.000 kalung berlabel sehat tahun ini. Namun, sebelum dikalungkan, tim yang di bagi sejumlah titik dan melibatkan para penyuluh pertanian di lapangan ini, terlebih dulu memeriksakan dan memastikan kesehatan hewan kurban agar layak di sembelih, layak di konsumsi dan sesuai syariat agama.

"Tim dari setiap kecamatan sudah bergerak ke lapak-lapak penjualan hewan kurban sejak Senin, kita sudah siapkan 11 ribu kalung label sehatnya, " Kata Nining.


Ditambahkannya, pemeriksaan sendiri meliputi gigi hewan, melihat umur hewan sudah masuk atau belum sebagaimana syariat islam, sampai dengan kesehatan secara keseluruhan mulai dari mata, anus bahkan pengecekannya untuk saat ini juga sambil antisipasi hewan yang bergejala PMK.

"Sebelum label sehat di kalungkan, kita cek mulai dari kesehatannya apakah hewan aktif bergerak, mau makan dan minum hingga mata jernih, cermin hidung tidak basah dan tidak kering, tidak ada luka di area mulut dan kuku, turgor kulit baik, bulu/rambut mengkilat tidak hipersalivasi, cukup umur, tidak cacat (buta/pincang), lubang mulut, hidung, telinga dan anus normal, jika semua sehat seperti ini, maka hewan kurban yang seperti ini yang layak di beli dan pasti sudah diberikan kalung sehat dari Dinas, " Ujarnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS