×

Iklan

Indeks Berita

Kapolri Beri Promosi dan Kenaikan Pangkat Sejumlah Polwan, Termasuk di Polda Jabar

22 Jun 2022 | Rabu, Juni 22, 2022 WIB Last Updated 2022-06-21T22:01:59Z

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan promosi kepada sejumlah polisi wanita (Polwan) berupa kenaikan pangkat dan menduduki jabatan strategis di Korps Bhayangkara yang tertuang dalam surat telegram pada Senin (20/6).

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit

Dalam Telegram Nomor: ST/1214/VI/KEP./2022 tertanggal 20 Juni 2022 terdapat satu Polwan mendapat kenaikan pangkat menjadi bintang dua (Irjen Pol), yakni Brigjen Juansih. Ia dipromosikan menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri dan Kombes Pol. Nurul Azizah dipromosikan menjadi Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri.

“Penempatan Polwan di jabatan strategis merupakan komitmen Bapak Kapolri terhadap kesetaraan gender di tubuh Polri,” ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo.

Selain Brigjen Pol. Juansih dan Kombes Pol. Nurul Azizah, terdapat dua Polwan lain di satuan kewilayahan yang mendapat kenaikan pangkat menjadi Kombes Pol, yakni AKBP Siti Nur Imanta yang menjabat Karumtik Tk 2 Bandung Polda Jawa Barat dan AKBP Titik Wahyuningsih sebagai Kepala Bidang Keuangan (Kabidkeu) Polda Banten.

Selain itu, tiga Kombes lain juga dipercaya sebagai kepala bidang di masing-masing wilayah, yakni Kombes Endang Sri Wahyu Utami sebagai Kabidkeu Polda Bali, Kombes Heni Kresnowati sebagai Kabidkeu Polda Jawa Barat, dan Kombes Yuliani sebagai Kabidkum (Kepala Bidang Hukum) Polda Banten.

Dedi menegaskan bahwa Polri akan terus memberikan ruang bagi Polwan dan kesetaraan gender di Korps Bhayangkara. Hingga sejauh ini sejumlah Polwan sudah berpangkat perwira tinggi dan menempati jabatan operasional berisiko tinggi di Polri.

Kapolri juga telah menerbitkan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pengarustamaan Gender (PUG) di lingkungan Polri yang ditetapkan pada tanggal 2 Februari 2022. Aturan ini menjadi landasan bagi para Polwan untuk bisa meningkatkan prestasi dan karir sejajar dengan anggota polisi lain.


Mutasi Kapolda

Sebelumnya Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memutasi sejumlah Kapolda dan merotasi sejumlah perwira tinggi (pati) dalam rangka penyegaran organisasi, di antaranya Kapolda Papua Barat, Kapolda Lampung, dan Kapolda Gorontalo.

"Hari ini Pak Kapolri mengeluarkan surat telegram untuk jabatan kapolda, pati, pejabat utama di tingkat polda, kapolres, dan jabatan-jabatan penguatan lainnya," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa.

Dedi menyebutkan nama-nama kapolda yang dimutasi yakni Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing dimutasi menjadi Wairwasum Polri, jabatan tersebut ditempati oleh Irjen Pol Daniel Tahi Silitonga.

Selanjutnya, Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wijagus dimutasi menjadi Kapolda Lampung. Sedangkan Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno bakal ditempatkan keluar struktur di Kementerian Perhubungan.

Mutasi berikutnya Korsahli Kapolri Irjen Pol Helmy Santika bakal menempati posisi baru sebagai Kapolda Gorontalo.

“Ada tujuh surat telegram mutasi, cukup banyak termasuk telegram dalam rangka pensiun pati bintang dua, pati bintang satu, dan para perwira menengah yang pensiun, kombes-kombes pun dimasukkan dalam telegram mutasi pada hari ini,” kata Dedi.

Selain itu, dalam surat telegram mutasi kali ini, Polri juga menempatkan perwira menengah (pamen) dari kalangan polwan untuk menempati jabatan Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri.

Posisi Kabagpenum saat ini Kombes Pol Gatot Repli Handoko mendapat promosi menjadi perwira tinggi jenderal bintang satu (brigjen pol), menjabat sebagai Kepala Biro Multimedia (Mulmet) Divisi Humas Polri. Posisi Gatot digantikan oleh Kombes Pol Nurul Azizah yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Prodi S3 Ditprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri.

“Untuk jabatan Kabag Penum adalah Pak Kapolri mempercayakan seorang polwan, jadi polwan berpromosi menjadi Kabag Penum,” kata Dedi.(Ant)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS