Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) Kementerian Agama mengumumkan 211 nama peserta Calon Imam Masjid untuk Uni Emirat Arab (UEA) yang lulus tahap administrasi. Pengumuman ini disampaikan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Calon Imam Masjid UEA

"Setelah pengumuman pendaftaran seleksi calon imam masjid untuk UEA ditutup pada 31 Mei 2022 kemarin, maka pada hari ini kami mengumumkan 211 peserta calon imam masjid untuk UEA dinyatakan lulus tahap administrasi," terang Adib di Jakarta, Rabu (1/6/2022).

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Calon Imam Masjid untuk UEA dapat dilihat di laman bimasislam.kemenag.go.id. pada bagian Seleksi Calon Imam Masjid atau unduh pada tautan  https://bit.ly/SeleksiAdministrasi2022.

Adib mengatakan, secara keseluruhan, jumlah pendaftar yang tercatat dalam formulir pendaftaran mencapai 293 peserta. Hanya saja, kata dia, setelah dilakukan pengecekan terkait data peserta, seleksi administrasi diikuti sebanyak 265 peserta.

"Memang ditemukan beberapa nama peserta yang rangkap dua. Misalnya peserta itu sudah mendaftar, tapi karena ragu-ragu, dia mendaftar ulang. Dengan demikian sistem akan mencatat data baru dengan peserta yang sama," jelasnya.

Setelah memeriksa seluruh data yang masuk, Tim Seleksi pun meluluskan 211 nama untuk masuk ke tahap selanjutnya. "Kami berharap peserta yang belum lulus tidak berkecil hati. Sementara peserta yang sudah dinyatakan lulus, buktikan bahwa kalian pantas untuk mengikuti seleksi imam masjid untuk UEA ini," katanya.

Sementara itu, Kasubdit Kemasjidan Ahmad Zamroni menerangkan, 211 peserta yang telah dinyatakan lulus selanjutnya akan mengikuti tes tulis secara daring pada Kamis hingga Sabtu, 2-4 Juni 2022.

"Mereka akan dites oleh tim penguji secara daring. Tes bagi 211 peserta calon imam masjid ini meliputi ilmu tajwid, hukum fikih, serta seputar wawasan tentang Islam wasatiah. Hasil tes ini akan diumumkan pada Senin, 6 Juni 2022," katanya. (nag).