×

Iklan

Indeks Berita

Pemkab Karawang Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

1 Jun 2022 | Rabu, Juni 01, 2022 WIB Last Updated 2022-06-01T11:10:00Z
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Aula Lantai 3 Gedung Kantor Bupati Karawang yang digelar melalui siaran secara virtual pada Rabu (1/6/2022).

Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Upacara tersebut diikuti Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, Wakil Bupati, H. Aep Syaepuloh, Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang, H. Acep Jamhuri, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Karawang serta seluruh Kepala OPD di lingkungan Kabupaten Karawang.

Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Upacara Hari Lahir Pancasila dipusatkan di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang disiarkan secara nasional melalui virtual dan Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam upacara kali ini, Presiden mengenakan baju adat Ende, yakni Ragi Lambu-Luka Lesu lengkap dengan penutup kepala.

Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Bertindak sebagai komandan upacara, Kolonel Inf Tanjung Setyabudi (Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo, Kodam IX/Udayana). Kemudian bertindak selaku pembaca naskah Pancasila adalah Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk Frederick membacakan Naskah UUD 1945. Sementara doa setelah pemberian amanat dari inspektur upacara dibacakan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK), Muhadjir Effendy.


Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh elemen bangsa untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


Ia menyampaikan Pancasila bukan hanya telah mempersatukan bangsa, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian serta telah dibuktikan dalam sejarah perjalanan bangsa.

“Inilah tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa, menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadirannya, dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia," ujarnya.


"Saya mengajak seluruh pemimpin bangsa, para pejabat pemerintahan, tokoh agama masyarakat, para pendidik, para pemimpin parpol dan ormas untuk menjadi teladan dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila, dan mengajak masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, dan mewujudkan cita-cita kemerdekaan,” imbuhnya. (diks)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS