×

Iklan

Indeks Berita

Tanpa Kehadiran Jokowi, Piala Presiden 2022 Resmi Dibuka

11 Jun 2022 | Sabtu, Juni 11, 2022 WIB Last Updated 2022-06-11T13:37:34Z

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, batal membuka secara turnamen pramusim Piala Presiden 2022. Presiden Jokowi tidak bisa membuka turnamen Piala Presiden secara langsung lantaran ada kegiatan lain.

Piala Presiden 2022 Resmi Dibuka

Turnamen pramusim Piala Presiden memang susah resmi dibuka. Laga antara Persis Solo dan PSS Sleman dari grup A menjadi penanda dimulainya turnamen Piala Presiden. Persis Solo menjamu PSS Sleman di Stadion Manahan Solo, Sabtu (11/06/22).

Dalam laga perdana ini akhirnya dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olagraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan, serta kerua OC Piala Presiden Akhmad Hadian Lukita.

"Hari ini kita kan mulai turnamen pramusim Piala Presiden. Memang dijadwalkan sedianya Bapak Presiden Joko Widodo yang akan membuka, tapi karena ada dengan kegiatan yang bersamaan dan sudah terdawal di hari sebelumya maka beliau mengarahkan saya untuk mewakili untuk membuka Piala Presiden ini," ucap Zainudin Amali.

Zainudin Amali menambahkan dengan dimulainya Piala Presiden menjadi awal menuju kompetisi Liga 1 dengan adanya penonton. Sebab memang di Piala Presiden ini sudah dihadiri penonton secara langsung di stadion.

"Dengan kita memulai turnamen pramusim artinya ini persiapan menuju kompetisi musim 2022/2023. Kita mulai dengan pentonton."

"Saya kalau ditanya gimana tanggapannya tentu pemerintah mengapresiasi persiapan dari PSSI, LIB, Polri dalam hal ini Pak Kapolda yang telah menyiapkan kegiatan pembukaan ini dengan baik," jelas Amali.

"Penonton suporter yang datang adalah yang terseleksi artinya yang punya tiket karena pasti yang tidak mempunyai tiket pasti tidak bisa masuk ke stadion," tambah Amali.

"Saya meyakini makna pasti stadion ini sudah jadi penyelenggara (yang) siap, stadion siap, masyarakat siap, dan pak kapolda dengan siap dan datang langsung jadi saya tidak ada keraguan tentang ini mudah-mudahan bisa langgeng dan sukses," ujarnya.

850 personel Polri ditugaskan mengamankan pembukaan Piala Presiden di Stadion Manahan Solo. Foto: Zainal Hasan/Indosport.com

Hampir Seribu Personel Dikerahkan

Pembukaan turnamen Piala Presiden 2022 akan segera berlangsung. Dimana pembukaan akan dimulai dari grup A antara Tuan rumah Persis Solo akan menjamu PSS Sleman di Stadion Manahan Solo, Sabtu (11/06/22).

Roda kompetisi sepak bola memang kembali menggeliat. Dimana Turnamen Piala Presiden dan boleh dihadiri oleh penonton secara langsung di stadion.

Antusias para suporter pun memang sudab tampak melihat mengular untuk masuk ke dalam stadion. Demi melancarkan pembukaan ini, pihak keamanan pun sudah dikerahkan maksimal.

Diutarakan oleh Kapolda Jawa Tengah, Drs, Ahmad Lutfi untuk pembukaan Turnamen Piala Presiden kali ini sudah ada ketentuan untuk para suporter yang bisa masuk ke dalam stadion.

"Ketentuan terkait laga ini minimal mempunyai vaksin dua kali, untuk aglomerasi Solo Raya hampir sudah semua vaksin primer, jadi secara formal kita bisa melaksanakan ini," buka Ahmad Lutfi.

Ahmad Lutfi menambahkan untuk laga pembukaan ini pihaj kepolisian me gerahkan pasukan keamanan sebanyak 850 personel.

"Lalu untuk wilayah Solo level I, sesuai dengan ucapan Ketum PSSI nanti, stadion kita 20.000, lalu untuk wilayah penonton, sudah disediakan layar di beberapa stadion untuk di wilayah Solo," jelas Luthfi.

"untuk pengamanan kita 850 personel sudah kita kerahkan, ada bantuan TNI Polri, dan back up Polda, ini jadi role model lagi untuk pengamanan sepak bola ke depannya," ujarnya.(*)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS