×

Iklan

Indeks Berita

Tidak Hanya Ambil Zakat Lalu Distribusikan, Ini Yang Dilakukan Baznas Kabupaten Karawang

30 Jun 2022 | Kamis, Juni 30, 2022 WIB Last Updated 2022-06-30T08:38:16Z
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karawang menyapa masyarakat melalui Live Talkshow di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Sturada 89,4 FM Karawang pada Kamis (30/6/2022).


Wakil Ketua II Baznas Kabupaten Karawang, H. Asep Abdullah Syafe’i yang hadir sebagai narasumber pada Live Talkshow tersebut. Pada kesempatan tersebut ia menyampaikan visi dan misi yang salah satunya yakni, terlibat aktif dan memimpin gerakan zakat nasional. Dengan demikian, melalui talkshow, digitalisasi, peluang-peluang melalui media sosial akan dioptimalkan oleh pihaknya.

“Kita gencar untuk menginformasikan ke masyarakat untuk menyiarkan Baznas kepada masyarakat bahwa Baznas ini sebagai badan negara yang bisa mengakomodir masyarakat terkait dengan penyaluran zakatnya, kemudian juga bagaimana mengoptimalkan pendistribusian dan pendayagunaan zakat untuk menuntaskan kemiskinan,” ujarnya.


Kemudian, lanjut dia, ruang lingkup Baznas tidak hanya sekedar mengambil zakat dan mendistribusikannya, melainkan ada hal lainnya yakni seperti mendorong produktifitas ekonomi pada masyarakat.

“Kita sebenernya tahun ini sudah membuat program terkait pemberdayaan, karena terkait dengan pendistribusian kita tidak akan lepas dari 5 poin yang ditetapkan oleh UU dan peraturan Baznas nasional yakni mencakup bidang ekonomi, mencakup bidang sosial pendidikan, bidang sosial kesehatan, kemanusiaan, dakwah dan advokasi,” jelasnya.

“Bukan hanya sekedar konsumsi makanan yang kita bantu, melainkan usaha-usaha mikro yang kita fasilitasi atau usaha-usaha kelompok. Program itu sudah dibuat oleh Baznas Karawang. Ketika ada satu orang mendapat bantuan modal usaha UMKM, kita ajarkan untuk minimal Rp2.000 untuk berinfak, dari hasil infak akan kita berikan kepada masyarakat yang belum mendapatkan modal usaha. Kita juga akan maintenance, monitoring mereka agar usahanya terus berkesinambungan,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, upaya pihaknya guna meningkatkan penerimaan zakat yaitu khusus di Kabupaten Karawang yakni untuk petani, Baznas Kabupaten Karawang membuat sebuah program yang rencananya tahun ini akan direalisasikan oleh pihaknya yakni program ‘Karung Baznas’.

“Program ‘Karung Baznas’ sendiri adalah sebuah konsep penerimaan pajak di mana nantinya para petugas di kecamatan akan membawa karung-karung di mana karung ini disebarkan ke petani dibantu petugas guna nantinya petani dapat mengisi karung tersebut dengan hasil panennya sehingga dapat membuat ketahanan pangan,” ujarnya.

“Tentunya kepada masyarakat Karawang, mari sama-sama kembali dengan lebih dekat dengan Baznas Karawang. Tujuan kami untuk membangkitkan kembali zakat di Kabupaten Karawang ini. Mari sama-sama masyarakat tunaikan zakat sesuai ketentuan yang ada, jika mengalami kesulitan bisa langsung menghubungi ke nomer 0822-1160-5151 atau langsung ke website baznaskarawang.co.id,” tambahnya. (diks).
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS