Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang mendorong para pelaku wisata melalui Program Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Ekraf)
Kepala Bidang Ekraf pada Disparbud Kabupaten Karawang, Fazriyan Wardani Adhitya 


Kepala Bidang Ekraf pada Disparbud Kabupaten Karawang, Fazriyan Wardani Adhitya mengatakan, pada program ini, Disparbud Kabupaten Karawang tengah gencar-gencarnya melakukan pengembangan SDM khususnya untuk 5 subsektor Ekraf.

"Untuk program tahun pertama kita ini hanya baru satu, kita fokus dulu pengembangan SDM-nya, walaupun sebenarnya sudah ada beberapa pelaku usaha bidang pariwisata dan Ekraf ini yang sudah berkembang, namun kita juga ingin semua SDM-nya bisa lebih berkembang juga," ucap dia, Selasa (5/7/2022).

Menurutnya, dalam upaya pengembangan SDM, pihaknya akan memberikan pelatihan khusus tentang optimalisasi penggunaan sosial media (sosmed) atau digital marketing dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi pelaku usaha Ekraf.

"Sekarang sudah era digital, jadi sangat penting untuk lebih mengoptimalkan penggunaan media sosial dan pemanfaatan aset digital berupa data base mereka dalam pengembangan usaha Ekrafnya, dengan tujuan dapat membantu memperluas pantulan konsumen mereka," tuturnya.

Selain pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek), lanjut dia, pihaknya juga akan melaksanakan workshop tentang bagaimana cara meningkatkan dan menjaga kapasitas produksi agar tetap stabil tanpa mengurangi nilai kualitas barang produksi mereka.

"Kita juga akan menggelar Workshop yang bermanfaat bagi para pelaku usaha ekraf dan pariwisata. Untuk ekraf sendiri, salah satunya tentang penguatan kapasitas produksi agar tidak turun saat kebutuhan meningkat dan tidak berlebihan jika memang penjualan sedang menurun, guna menstabilkan cost produksi yang telah mereka keluarkan," ujarnya.

Dia menambahkan, dalam upaya membantu mempromosikan setiap produk pelaku usaha tersebut, ia mengajak seluruh Vloger dan selebgram khususnya di Kabupaten Karawang untuk berkolaborasi, dengan tujuan membangun bersama serta mempromosikan hasil-hasil produk dan jasa ekonomi kreatif asli Karawang.

"Sangat terbuka untuk soal promosi, sebab itu saya mengajak semua vloger dan konten kreator khususnya di Kabupaten Karawang untuk berkolaborasi, dengan harapan dapat membantu meningkatkan penjualan dari para pelaku usaha ekraf kita ini," ungkapnya. (diks)