Mesin pengusir burung tenaga Surya dan Mesin pengolah sampah menjadi Uang adalah teknologi yang di bawa SMK PGRI Telagasari dalam unjuk lomba inovasi  Teknologi Tepat Guna (TTG) Jabar tahun 2022 yang di selenggarakan dk Soreang Bandung, 26-28 Juli. 

Foto : DPMD Karawang Ikut Sertakan Teknologi dari SMK PGRI Telagasari dalam lomba TTG Jawa Barat (28/7/2022)

Dua ketgori inovasi dan unggulan yang di gawangi DPMD Karawang tersebut, di pertandingan DPMD Provinsi Jawa Barat untuk di seleksi menjadi wakil Provinsi di tingkat Nasional akhir tahun ini.

Kabid Kelembagaan Desa DPMD Karawang, Cacian Candrawan mengungkapkan, Kabupaten Karawang mengikut sertakan Lomba Tekonlogi Tepat Guna (TTG) tingkat propinsi Jawa Barat yang diselenggarakan DPMD Jabar di Soreang, Kabupaten Bandung. Kegiatan ini, bertujuan untuk menumbuhkembangkan ide-ide kreatif pada masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan. Tah hanya itu, TTG ini juga menjawab tantangan permasalahan yang terjadi di masyarakat dengan tidak merusak lingkungan dan dapat dimanfaatkan secara mudah serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan. 

Foto : DPMD Karawang Ikut Sertakan Teknologi dari SMK PGRI Telagasari dalam lomba TTG Jawa Barat (28/7/2022)

"Kita ikut sertakan wakil Karawang dari SMK PGRI Telagasari dan di unjuk dalam dua kategori di hadapan para penilai, " Katanya, Rabu (28/7/2022).

Tema dalam lomba TTG kali ini adalah 'Dengan TTG kita optimalkan untuk mendukung ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi' diharapkan bisa menopang teknologi dan media penunjang kemajuan pangan dan pemulihan ekonomi paska pandemi.

"Kategori lomba kali ini adalah inovasi TTG, Posyantek Desa dan Unggulan, Alhamdulillah Karawang ikut di inovasi TTG dan unggulan, " Katanya.


Didampingi pihaknya, sebut Candra,  SMK PGRI Telgasari mengikuti 2 katagori lomba, yaitu inovasi dan unggulan.  Untuk kategori inovasi, kita menampilkan mesin pengusir burung tenaga surya dan kategori unggulan ditampilkan mesin pengolah sampah penghasil uang. 

"Nantinya, hasil lomba akan diumumkan dalam kegiatan gelar dan lomba TTG tingkat nasional yang akan di laksanakan di Kabupaten Cirebon sekitar Bulan Oktober, " Pungkasnya. (Rd)