×

Iklan

Indeks Berita

Hari Tasyrik, Keluarga Besar Edutama Shool Cilamaya Berbagi Hewan Qurban

12 Jul 2022 | Selasa, Juli 12, 2022 WIB Last Updated 2022-07-12T07:35:25Z
Hari kedua paska Idul Adha 1443 Hijriyah, Keluarga Besar Edutama School Cilamaya sembelih dua sapi qurban, Selasa (12/7/2022). Pemotongan dan pendistribusian hewan kurban ini di laksanakan di halaman SD dan TK Edutama Jalan Mekarmaya - Cilamaya dan di ikuti langsung puluhan siswa bersama orangtua/wali murid. 

Foto : Siswa, Guru, Orangtua dan Yayasan Terlibat Langsung dalam Prosesi Penyembelihan Hewan Kurban di Komplek Edutama School Cilamaya

Panitia penyelembelihan hewan qurban Edutaka School, Devidly Rosihan Anwar S.Kom mengungkapkan, pemotongan hewan kurban ini adalah puncak dari edukasi siswa yang sebelumnya di ajarkan untuk menabung dan berperan serta dalam kegiatan kurban tahun ini. Selain siswa baik TK maupun SD, pada siswa baru bersa orangtua/wali murid dan guru turut serta berpartisipasi untuk suksesi penyembelihan hewan kurban ini. 

"Siswa menabung sama 5 bulan terakhir masing-masing didapati Rp200 ribu persiswa, dengan estimasi sapi Rp21 juta perekor, sapi didatangkan atas peran serta para orangtua dan guru-guru hingga yayasan. Alhamdulillah, semuanya berkontribusi dalam pelaksanaan sebelum dan saat penyembelihannya yang di pusatkan langsung di komplek Edutama, " Katanya.
Foto : Siswa, Guru, Orangtua dan Yayasan Terlibat Langsung dalam Prosesi Penyembelihan Hewan Kurban di Komplek Edutama School Cilamaya

Vidly menambahkan, para siswa sebutnya diberikan arahan-arahan dan penyampaian soal pembelajaran kurban oleh para guru dan panitia tentang apa itu kurban, manfaat kurban dan edukasi sosialnya. Sehingga, dalam pelaksanaannya, para siswa secara simbolis dan di saksikan para orangtua/wali murid mendistribusikan daging kurban bagi masyarakat lingkungan sekitar yang membutuhkan. 
Sehingga, siswa semakin memahami proses penyembelihan, pemotongan, penimbangan, pengemasan dan pendistribusian langsung kepada masyarakat.

"Alhamdulillah, sekitar 100 paket daging dengan berat 800 gram perkreseknya, di kemas dan siap dibagikan langsung keluarga besar edutama kepada masyarakat sekitar lingkungan, " Ujarnya.


Ia berharap, ibadah kurban dan pemahamannya lewat praktek langsung di lingkungan sekolah ini, bisa di serap para siswa dan meneladani apa yang di gariskan dalam sejarah Nabi Ibrahim As dengan puteranya Nabi Ismail. 

"Karena penting memberikan edukasi nilai-nilai luhur agama sejak dini, termasuk ibadah kurban ini agar para siswa mengambil hikmah dan pelajaran yang di bawa Nabi Ibrahim dan Ismail AS, " Pungkas Kepala SD Edutama School ini. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS