Bulan Imunisasi Nasional (BIAN) akan menyapa anak Karawang usia 9 bulan - 59 bulan mulai 1 - 31 Agustus mendatang. Sejumlah persiapan imunisasi dilakukan tim Puskemas demi memenuhi target serapan sasaran di setiap desa. Lalu, apa saja yang disiapkan menyambut BIAN bulan depan? 

Foto : Ilustrasi

Kata Kepala Puskesmas Tempuran, H Anwar Sanusi, pertama yang dilakukan jelang imunisasi nasional adalah Mikroplaning untuk menentukan sasaran, tenaga dan kebutuhan ogistik yang dibutuhkan, kemudian yang kedua adalah Sosialisasi dan mohon dukungan dari semua unsur tingkat kecamatan sampai desa terkait rencana program ini. Kemudian, sosialisasi juga harus berlanjut berkenaan dengan teknis pelaksanaannya kepada TP PKK Kecamatan Desa dan unsur terkait. 

"Kita siapkan mikroplaning hingga sosialisasi, karena sasaran bukan jumlah yang sedikit. Sekaligus juga bagaimana support pemerintah desa dan kecamatan meyakinkan semua masyarakat dan anak akan pentingnya imunisasi, " Ujarnya, Rabu (6/7/2022).

Adapun rincian vaksinasi anak ini, sebut Anwar ada dua, yaitu untuk vaksinasi tambahan dan vaksinasi kejar. Khusus untuk vaksinasi tambahan, sasaran anak usia 9 bln - <59 bulan, vaksin yang di berikan adalah campak, rubella (tanpa memandang status vaksinasi), kemudian yang kedua adalah Vaksinasi Kejar, ini adalah sasaran anak 12 bln -<59 bulan, dimana vaksin yang diberikan yaitu OPV, IPV, DPTHBHiB, ( untuk melengkapi imunisasi yang belum lengkap dan tertunda)

"Tempatnya nanti di Posyandu dan Paud, mulai besok kita siap laksanakan sosialisasi ke Kecamatan dan PKK, " Ungkapnya.


Eka Sukarsih Kepala Puskesmas Balongsari Kecamatan Cilebar mengatakan, jadwal BIAN di Jabar akan mulai bulan Agustus, dimana pelaksanaannya sesuai dengan jadwal posyandu di setiap bidan desa yang di harapkannya tuntas di bulan Agustus dengan sasaran usia anak 9 bulan - 59 bulan.

"Jenis vaksin DPT H,B dan juga bisa, OPV, IPV, dan Campak, ini semua akan menyasar yang belum di vaksin jenis vaksin itu, " Pungkasnya. (Rd)