Sudah hampir 30 tahun jaringan listrik warga Desa Tanjungmekar, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang belum merdeka, ternyata dalam kurun waktu selama itu, masyarakat menikmati listrik masih menginduk ke Kabupaten Bekasi.

Foto : Jaringan Listrik Warga Tanjungmekar Pakisjaya Masih Nginduk ke Bekasi, Sarana Infrastruktur Juga Luput dari Perhatian

Anggota DPRD Karawang, Rosmilah sempat meninjau langsung ke sebuah perkampungan di wilayah Kecamatan Pakisjaya tersebut. Dirinya sangat menyayangkan dengan kondisi itu. Menurut Rosmilah, ada sekitar 400 kepala keluarga yang belum menerima aliran listrik dari wilayah Karawang.

Rosmilah mendesak agar Pemkab Karawang bisa sesegera mungkin bergerak agar adanya jaringan listrik bisa masuk dari Karawang secara langsung.

"Karawang caang, bukan hanya dinikmati warga perkotaan saja, pelosok desa pun ingin menikmati program tersebut," ujar Rosmilah, Senin (15/8/2022).

Dia juga meminta Pemkab Karawang terjun langsung ke lokasi untuk melihat kehidupan warga.

"Bahkan dengan segudang resiko pula, yaitu banyak kabel sentral yang terpasang di pepohonan bahkan ada yang menggunakan kayu serta bambu," ucap Rosmilah.

Selain itu, tambah Rosmilah, akses jalan di Desa Tanjung Mekar juga sangat memprihatinkan. Kondisi jalan yang sempit dan rusak masih nampak jelas, dan hanya beberapa puluh meter yang baru di bangunkan rabat beton. 

Sementara itu, Saman (45) Ketua RT 02/004 mengatakan, semenjak adanya listrik masuk desa, di Dusun Bungin ini yang berada di wilayah Kabupaten Karawang paling pelosok, ingin menikmati pasilitas jaringan listrik mau gak mau harus menginduk dari tetangga kabupaten.

"Selaku ketua RT, sering kali warga kami mempertanyakan kapan pasilitas jaringan listrik yang langsung dari pemkab Karawang. kita kan warga Karawang, masa sih jaringan listriknya hampir 30 Tahun lebih masih dari tetangga kabupaten saja," sindirnya. (Rd)