Bulam Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di lingkungan Puskesmas Tempuran yang di mulai sejak 1 Agustus, nampaknya harus semakin masif di lakukan sweaping di 9 desa. Pasalnya, sampai 20 Agustus kemarin, capaian BIAN untuk anak di bawah usia 5 tahun tersebut, baru terserap 64 persen. Sementara, pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang baru bergerak sejak Senin kemarin (22/8/2022), serapannya lebih cepat memenuhi capaian.
Foto : Ilustrasi


"Selesai BIAN 20 Agustus kemarin, sasaran usia dibawah 5 tahun hasilnya masih 64 persen, tapi capaian ini masih bergerak di input pada aplikasi yang masih di proses, kita berharap target kabupaten yang menembus 98 persen, bisa tercapai dengan gerakan massif sweaping yang dibantu aparat desa dan para Kades di desanya, sehingga capaian di Puskesmas Tempuran ini meningkat, " Kata Kepala Puskesmas Tempuran, H Anwar Sanusi saat Minggon, Selasa (23/8/2022).


Selama Agustus, sambung Anwar memang kinerja tim kesehatan agak lumayan, sebab, selain fokus di vaksinasi booster dan BIAN, Agustus ini juga identik dengan bulan penimbangan anak, pemberian vitamin A hingga imunisasi. Teranyar, pelaksanaan vaksinasi BIAS ke sekolah-sekolah di mulai dengan sasaran anak atau siswa baru, dan masih akan terus berproses 5 hari kedepan bisa tuntas, bahkan capaiannya cukup tinggi di BIAS ini.

"Kami meminta semua Kades dan masyarakat kiranya ikut mendorong suksesi pelaksanaan BIAN maupun BIAS ini dan sampaikan ke sasarannya, " Ungkap Anwar. (Rd)