×

Iklan

Indeks Berita

Huma Eco Enzyme Yakinkan Petani, Peternak dan Aparat Desa Pacing Soal Manfaat Eco Enzyme dan Cara Mengolahnya

4 Agu 2022 | Kamis, Agustus 04, 2022 WIB Last Updated 2022-08-04T03:15:24Z
Huma Eco Enzyme Karawang berikan sosialisasi manfaat Eco enzyme dan cara pengolahannya di Kantor Desa Pacing Kecamatan Jatisari, Rabu (3/8/2022). Selain di hadiri Kades dan Perangkat Desa Pacing, kegiatan tersebut juga di hadiri para petani, peternak dan koordinator penyuluh pertanian bersama Kepala UPTD Pengelolaan Pertanian Kecamatan Jatisari.
Foto : Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme di Desa Pacing Kecamatan Jatisari


Pengelola Huma Eco Enzyme, Siti Komalaningsih mengatakan, dalam setiap kesempatan sosialisasi dalam dan luar daerah dengan lintas komunitas, pihaknya selaku Kampanyekan kandungan disinfektan hasil racikan dari campuran 'bekas' sampah buah-buahan dan sayuran yang ramah lingkungan dan multifungsi ini, memiliki banyak enzyme potensial. Sehingga mampu memberi manfaat bagi pertanian, kesehatan dan kualitas lingkungan.
"Pada pelatihan hari ini, kebetulan dihadiri oleh petani, peternak dan aparat desa, segibgfa diharapkan setelah dilakukan pelatihan para peserta dapat melakukan pembuatan eco enzyme sendiri di rumah masing-masing, "Katanya.

Hari ini sambung Nining, para peserta sosialisasi ini didampingi oleh Koorluh dan UPTD Pengelolaan Pertanian kecamatan Jatisari sekaligus PPL Desa Pacing ibu Ida Widya Utami, SP secara langsung. Sehingga, suatu saat nanti apabila ada peserta yang masih perlu pendampingan, ppl setempat bisa turut mendampingi dalam pembuatan eco enzyme. Harapan besar kedepannya, semoga para petani dan peternak desa Pacing menjadi contoh pionir pertanian organik yang sukses.

"Menjawab rasa penasaran soal manfaat organik dan ECO enzyme, masyarakat tani dan peternak di Jatisari, kami apresiasi antusiasinya yang ingin menyelami manfaat sampai cara olahannya, " Kata Nining.

Kades Pacing W Jaelani menyampaikan ucapan banyak terima kasih untuk pelatihan eco enzyme kepada dinas pertanian untuk bimbingan serta ilmunya. Alhamdulillah, sudah disampaikan materi-materi EE dan pengolahan sampah organik di desa Pacing yang dihadiri oleh beberapa perwakilan masyarakat dan aparat pemerintah Desa Pacing. Tak lupa, sebut Kades, ia juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran semua peserta yang nampak antusias mengikuti pelatihan EE dan langsung praktek pembuatan EE. 
Foto : Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme di Desa Pacing Kecamatan Jatisari

"Mudah - mudahan pelatihan ini bermanfaat khususnya bagi masyarakat Desa Pacing, umumnya untuk Karawang, harapan kami dalam pelatihan ini jangan sampai putus agar menjadi suatu usaha masyarakat khususnya di desa Pacing dan bermanfaat untuk masyarakat, " Ujarnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS