Sejumlah Pengelola Bumdes, Kades, Camat dan Pengelola UPK eks PNPM yang tergabung dalam Asosiasi UPK Karawang, selenggarakan studi tiru ke Kabupaten Kuningan bersama Pejabat DPMD, Bappeda dan Inspektorat, Kamis (25/8/2022). 

Foto : Sejumlah Pejabat DPMD, Bappeda, Inspektorat bersama Kades dan Pengelola UPK Karawang Studi Tiru ke Kabupaten Kuningan

Menginap di Hotel Cordela Kuningan, rombongan dari Karawang tersebut, menggali lebih dalam soal transformasi UPK ke Bumdesma ke kantor DPMD setempat, Kecamatan Darma dan Kecamatan Jalaksana.

Sekretaris Apdesi Karawang, Alex Sukardi mengatakan, Kuningan adalah kabupaten yang sudah melaksanakan transpormasi eks UPK PNPM ke Bumdesma. Sehari melakukan penggalian, banyak yang pihaknya pelajari, mulai dari regulasi dan payung hukum transpormask, pelimpahan aset baik bergerak maupun tidak dari UPK, Pemilihan personel pengurus BumDesma, soal pertanggungjawaban total dana UPK eks PNPM hingga siklus penyertaan modal BumDesma.
Foto : Sejumlah Pejabat DPMD, Bappeda, Inspektorat bersama Kades dan Pengelola UPK Karawang Studi Tiru ke Kabupaten Kuningan

"Jadi UPK yang berlabel 'Sehat' di Karawang kedepan, akan langsung kita reformasi pengurus UPK nya langsung dinobatkan sebagai pengurus Bumdesma, sementara UPK yang dianggap bermasalah akan dilakukan audit investigasi, bahkan kalau ada indikasi korupsinya akan dilakukan litigasi, " kata Alex, Kamis (25/8/2022).

Investigasi terhadap UPK yang 'mati suri' dengan kolektibilitas tinggi dan segudang persoalannya, akan di lakukan audit, karenanya dal study banding ini, bukan saja hadir perwakilan Camat, Kades dan UPK, tetapi juga Bappeda dan Inspektorat. 

"Investigasi dan audit ini penting dilakukan, karenanya dalam study banding ini, disertakan pula pejabat Inspektorat dan Bappeda, " Ungkapnya. (Rd)