×

Iklan

Indeks Berita

Melangkah TTG Nasional, Yanyan Sopyan Kepala SMK PGRI Telagasari Terima Penghargaan

29 Agu 2022 | Senin, Agustus 29, 2022 WIB Last Updated 2022-08-29T07:35:41Z
Yanyan Sopyan ST, Kepala SMK PGRI Telagasari sukses raih prestasi juara 3 lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Jawa Barat Tahun 2022, Jumat (26/8/2023) kemarin. Mengusung teknologi pengusir burung mekanis tenaga surya, Yanyan yang menjadi wakil Pemkab Karawang melalui Bidang Kelembagaan Desa (LKD) DPMD Karawang ini, terpaut dari dua kabupaten lainnya yaitu Ade Martin asal Kabupaten Bekasi dengan unjuk judul sistem pengontrol hidroponik berbasis Internet Of Thing (IOT) dan Juara 1 atas nama Wahyu asal Kabupaten Sumedang yang mengujikan judul alat pengupas kolang-kaling.


Atas prestasi inspiratif tersebut, Yanyan yang masuk 3 besar dalam lomba TTG tersebut, juga akan menjadi salah satu wakil Jawa Barat dalam lomba serupa tingkat Nasional yang akan di gelar Oktober mendatang di Kabupaten Cirebon. 

Foto : Kabid Kelembagaan Desa DPMD Karawang Serahkan Piagam Penghargaan Lomba TTG Kepada Yanyan Sopyan, Kepala SMK PGRI Telagasari


"Alhamdulillah, prestasi ini kami persembahkan untuk semua masyarakat Karawang. Tak lupa, kami juga menghaturkan terimakasih atas arahan, pembinaan dan petunjuk dari Pemkab Karawang melalui DPMD ini, sehingga bisa sukses menjadi wakil Karawang dan nanti menjadi wakil Jawa Barat dal TTG tingkat nasional " Kata Yanyan Sopyan saat memberikan sambutan di Ruangan Center Off Excellent (COE) SMK PGRI Telagasari.


Foto : Kabid Kelembagaan Desa DPMD Karawang Serahkan Piagam Penghargaan Lomba TTG Kepada Yanyan Sopyan, Kepala SMK PGRI Telagasari

Kabid Kelembagaan Desa DPMD Karawang Chandrawan Yanuar mengatakan, Yanyan Sopyan adalah sosok inspiratif di bidang teknologi bagi masyarakat Karawang. Bukan saja sebagai leader di SMK PGRI Telagasari, tetapi wawasan dan pengetahuannya dibidang teknologi, tak diragukan. Sehingga tak salah, Pemkab Karawang mewakilkan hasil karyanya 'Teknologi Pengusir Burung Mekanis Tenaga Surya' 
sukses dalam lomba TTG tingkat Jawa Barat. Dia, sebut Chandra, guru kreatif yang meraih juara TTG tingkat Kabupaten Karawang yang di bubuhkan lewat Keputusan Bupati dengan nomor 411.1/Kep/370-Huk/2022 tentang juara TTG Karawang dan menjadi wakil satu-satunya di Karawang ketingkat Jawa Barat.

"Alhamdulillah, di Jawa Barat, beliau juga juara 3 dan harus siap menjadi wakil Jabar ke tingkat Nasional yang insha Allah akan di gelar pada Oktober mendatang di Cirebon, tinggal nanti lebih penyempurnaan lagi dalam tema teknologi yang sama dengan berbagai wakil provinsi lainnya di Indonesia, " Tandasnya. 

Sebagai wujud apresiasi, Sambungnya Pemkab Karawang berikan piagam penghargaan, trophy dan uang pembinaan kepada Juara TTG Kabupaten dan sukses di tingkat Provinsi ini.

"Semoga prestasi dan penghargaan ini menjadi motivasi, khususnya bagi masyarakat dan siswa SMK PGRI Telagasari yang memiliki Kepsek dengan segudang inspirasi yang di perhitungkan di kancah provinsi maupun nasional, " Ujarnya.

Pengawas Bina SMK PGRI Telagasari, Ahmad Jaenudin mengaku bangga atas Raihan prestasi TTG yang di capai Kepala SMK PGRI H Yanyan Sopyan. Pretasi ini membanggakan, karena dibelakang para juara lain ada akademisi dari perguruan tinggi ternama maupun wakil dari sejumlah Mahasiswa ternama. Sementara, H Yanyan Sopyan adalah individu yang dibelakangnya adalah para siswa/siswi SMK.  
Baginya, sebut Jaenudin, bukan hal aneh ketika prestasi demi prestasi selalu di raih stakeholder di SMK PGRI Telagasari ini, baik oleh guru, kepsek maupun siswanya. Sebab segudang karya teknologi, prestasi akademik dan non akademik yang terbaik sejauh ini adalaj sekolah yang memiliki 1.700 siswa ini di Karawang. 

"Kami berharap, karya dan inovasi 
ini bisa mendapat apresiasi lebih dalam dari semua pihak untuk pengembangannya, baik dari sekolah, pemerintah daerah, perguruan tinggi maupun perusahaan, " Harapnya.

Hadir dalam serah terima trophy dan piagam TTG tersebut, Dr Aang Solahudin Anwar M.pd, Perwakilan Lembaga penelitian dan pengabdian Masyarakat Universitas Buana Perjuangan (UBP), Camat Telagasari Hj Yetty Yuliati dan sejumlah Guru SMK PGRI Telagasari. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS