Tertarik dengan pendidikan vokasi dan pemberdayaan masyarakat, Pemkab Karawang melirik Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebagai pusat-pusat lokasi Balai Latihan Kerja (BLK) kedepan. Hal itu terungkap di sela-sela dialog bersama Gebyar Pelayanan Terpadu Kecamatan Cilamaya Kulon, Jumat pekan kemarin. 
Foto : Rencana BLK Yang akan di Tempatkan di Sejumlah PKBM di Karawang, di sambut Positif Forum


"Pak, Cilamaya Kulon bersama Kecamatan pelosok lainnya mungkin sedikit sulit akses pencarian kerja ke kawasan-kawasan industri, bahkan tingkat pengangguran lulusan SMK/SMA bahkan perguruan tinggi juga besar, disisi lain pendamping Disnaker sal mewujudkan Balai Latihan Kerja (BLK) juga terbatas, kita memohon kiranya agar BLK ini di hadirkan di setiap Wilayah, syukur-syukur ada di setiap Kecamatan agar para usia kerja bisa mendapat akses pendampingan wirausaha, maupun keterampilan kerja, " Pinta Aktivis Sedulur Cilamaya, Rawin.

Menyikapi itu, Wakil Bupati Karawang Aep Saepulloh melalui Kadis PUPR Dedi Achdiat mengatakan, sejauh ini Kepala Disnaker masih kosong, ia sampai bahwa soal BLK ini, Pemkab mau replikasi pendidikan di PKBM, bahkan siap menjadikan PKBM sebagai pusat-pusat BLK kedepan, bukan di setiap Kecamatan atau wilayah. Sebab, diakuinya model pendidikan masyarakat yang di programkan PKBM ini selaras dengan apa yang di jalankan BLK selama ini, sehingga sebut Dedi perlu di replikasi. Disamping itu, pemkab ingin pengakuan pada PKBM ini semakin berdaya, jangan sampai PKBM selalu di istilahkan dengan sekolah yang jadi sasaran pemenuhan ijasah.

"Supaya semakin luas marketnya, kita mau satukan BLK nanti ini dengan PKBM bukan di Kecamatan atau per wilayah, " Tegasnya.

Menyikapi pernyataan itu, Ketua Forum PKBM Karawang, Heru Saleh mengapresiasi rencana Pemkab menjadikan PKBM sebagai tempat BLK Disnaker kedepan. Pada dasarnya, PKBM menyanggupi dan lebih dari siap. Bahkan, sejumlah akademisi dan mahasiswa pendidikan luar sekolah (PLS) Unsika juga menjadikan PKBM sebagai laboratorium pendidikan masyarakat. Sehingga, ketika wacana BLK ini berada di PKBM, maka sudah merupakan kebijakan yang tepat, karena PKBM memang tempat belajar masyarakat.

Foto : Rencana BLK Yang akan di Tempatkan di Sejumlah PKBM di Karawang, di sambut Positif Forum

"Kita harap ini tidak sebatas rencana, tapi memang di realisasikan, karena dengan dan tidak ada BLK, pendidikan masyarakat untuk pemberdayaan ekonomi, wirausaha dan serapan tenaga kerja juga sering di gelar sejumlah siswa pendidikan kesetaraan di PKBM ini, " Ungkapnya.

Lebih dari itu, PKBM juga sudah matang menyiapkan instruktur yang punya keahlian bersertifikat resmi, di samping itu, pendampingan-pendampingan training kerja juga bisa memanfaatkan fasilitas PKBM yang tersebar di berbagai Kecamatan.

"Oleh karenanya, kita berharap ada support penuh lintas OPD agar bisa mewujudkan BLK ini di semua PKBM yang ada di Karawang. Bukan saja bermanfaat bagi para lulusan pendidikan kesetaraan, tetapi juga bagi para lulusan SMA/SMK yang juga warga di sekitaran PKBM, " Tutupnya. (Rd)