Pengurus Pokmaswas Minajaladri Pasirputih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Sahari berharap, Universitas Pertahanan (Unhan) RI beri peluang khusus bagi anak-anak nelayan untuk masuk menjadi mahasiswa di jalur beasiswa. Hal itu di ungkapkan Sahari, di sela-sela diskusi Bela Negara dan Kolaborasi penananaman Mangrove untuk rehabilitasi pesisir, Kamis (25/8/2022).
Foto : Sekretaris Pokmaswas Minajaladri Pasirputih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Sahari


"Anak nelayan, kita harap bisa di beri porsi jadi tentara dengan berkuliah di Unhan RI via jalur beasiswa. Lalu sejauh ini apa saja syarat dan ketentuan memasuki kampus khusus yang melahirkan ribuan tentara tersebut? Kami sih inginkan anak nelayan bisa prioritas kedepan bisa di akomodir, " Kata Sahari, Sekretaris Pokmaswas Pasir putih. 

Menyikapi itu, perwakilan Rektorat UNHAN RI, Kolonel Mirza EJ mengatakan, kampusnya membuka para lulusan SMA/SMK termasuk di Karawang untuk masuk dan ikut seleksi menjadi Mahasiswa Unhan dengan beragam latar belakang. Selama memenuhi kriteria khusus yang ditetapkan, peluang itu terbuka bahkan untuk para anak-anak nelayan sekalipun. Misalnya, tinggi badan, kesehatan fisik, nilai raport dan lainnya sehingga cukup ketat. Informasi lebih lanjut, sebut Mirza, bisa di akses lewat website dan akun resmi Unhan RI, maupun open recruitmen mahasiswa baru yang selalu di buka di setiap Koramil dan Babinsa yang menginformasikan setiap tahunnya.

"Soal prioritas, nanti kita koordinasikan lagi dengan pimpinan, adapun yang di persyarakan memang kriterianya ada yang khusus bagi calon mahasiswa, baik untuk D3 maupun S1, " Ungkapnya. (Rd)