Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sari Tani, Desa Sarijaya, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Karawang mendapatkan bantuan dari pemerintah sebesar Rp1 Miliar untuk pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat.

Ketua Gapoktan Sari Tani, H Aang mengatakan, bantuan ini dikucurkan oleh pemerintah pusat dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Menurut Aang, selain dari pemerintah pusat, pihaknya juga menerima bantuan sebesar Rp100 Juta dari Pemkab Karawang.

"Konteksnya untuk ketahanan pangan masyarakat melalui Gapoktan Sari Tani," ucap Aang.

Seluruh prosedur, menurut Aang sudah ia tempuh seperti akta hibah tanah, ketersediaan lahan seluas 500 meter, dan izin dari masyarakat lingkungan.

Menurutnya, pembangunan lumbung pangan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memperkuat ketersediaan cadangan pangan, terutama beras di Kabupaten Karawang.

"Tujuan pengembangan Lumbung Pangan Masyarakat ini dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan agar tersedianya cadangan pangan," katanya.

Dijelaskan dia, cadangan pangan tersebut berupa gabah atau beras sebagai bahan pokok yang dapat dimobilisasi cepat, untuk keperluan konsumsi dan sebagai antisipasi dalam menghadapi keadaan darurat, antara lain masa paceklik dan rawan pangan.

Ketua Gapoktan Sari Tani mengucapkan terimakasih yang luar biasa kepada pemerintah pusat dan Pemda Karawang dalam hal ini Bupati Cellica Nurrachadiana atas bantuan tersebut.
Foto : Lumbung Pangan Masyarakat di Bangun dengan Menelan Anggaran Rp1 Milyar dan Tambahan APBD RP100 Juta di Des Sarijaya Kecamatan Majalaya

Menurut dia, lumbung ini akan mereka gunakan untuk menyimpan hasil panen untuk mencari harga terbaik untuk dijual. (Rd)