*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Berdayakan Fungsi Masjid, DMI Cilamaya Kulon Mau Gelar Halaqoh

Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Cilamaya Kulon, rencananya bakal mengundang semua Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) untuk gelar halaqoh bersama dalam waktu dekat. 

Foto : Agus Abdullah Ketua DMI Kecamatan Cilamaya Kulon

Selain ingin memfungsikan kembali peran dan fungsi masjid sebagai wahana syiar agama, ekonomi dan kemasyarakatan, DMI juga siapkan rapat kerja tata kelola organisasi dan regulasi yang selama ini belum rapi terarah.

Ketika DMI Cilamaya Kulon, Ustad Agus Abdullah mengatakan, selain silaturahmi, halaqah sekitar 40 DKM Se Kecamatan ini adalah untuk merumuskan tata kelola DKM kedepan yang lebih berdaya baik secara organisasi, inventarisasi status tanah wakaf hingga pembahasan di buatnya AD/ART DMI agar lebih rapi dan terarah.

"Ada sekitar 40 lebih masjid di Cilamaya Kulon, nanti kita invetarisir. Alhamdulillah, sudah di support para Kepala Desa dan siap mendorong pemberdayaan para DKM ini agar lebih terarah mengelola organisasi dan pengembangan fungsi serta peran mesjid, " Kata Agus, Kamis (15/9/2022).


Sejauh ini, mesjid-mesjid harus disisir, apakah sudah masuk dalam registrasi SIMAs, kemudian SDM para DKM dalam mengelola masjidnya seperti apa, akan diketahui. Pihaknya sebut Agus, akan bekerja sama dengan KUA Cilamaya Kulon dan pemerintah desa untuk tata kelola DKM ini lebih optimal di lapangan.
Jangan sampai, ada mesjid justru tanahnya sengketa wakaf, atau tidak memfungsikan sebagai wahana ekonomi, sosial dan kemasyarakatan.

"Kita siapkan halaqoh untuk membahasnya. Nanti, kita rumuskan agar mesjid ini lebih ramai, pusat perekonomian jemaah, sosial kemasyarakatan bahkan jadi tempat-tempat lahirnya kompetisi musabaqoh dan syiar agama, " Ungkapnya. (Rd)

Komentar0