×

Iklan

Indeks Berita

IKM Berjalan, Guru di Karawang Timur 'Lambat' Login Aplikasi Platform Merdeka Belajar

16 Sep 2022 | Jumat, September 16, 2022 WIB Last Updated 2022-09-16T08:35:57Z
QImplementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sudah di sosialisasikan dan di launching untuk di aplikasikan setiap guru kelas 1 dan 4 pada awal tahun ajaran 2022/2023 ini. Namun, pada prakteknya, belum semua guru menjalankan serius IKM tersebut, buktinya sejumlah guru di Kecamatan Karawang Timur, justru masih 'ogah-ogahan' untuk sekedar input aplikasi dengan menggunakan platform merdeka belajar. 
Foto : Kegiatan KKG Koorwilcambidik Karawang Timur di Gugus 01 Bersama K3S, KKG dan Pengawas


"Bisa karena SDM, bisa juga memang karena malas, jadi betapapun IKM sudah di launching, sangat jarang justru guru kelas 1 dan 4 di setiap sekolah input aplikasi menggunakan platform merdeka belajar. Padahal, isinya penjelasan soal IKM, bentuk video, dan perangkat ajar contohnya mulai CP, HTP, Modul Ajar yang penting untuk di pelajari para guru dan aplikasikan sesuaikan kebutuhan di sekolah, " Kata Koorwilcambidik Karawang Timur, Nacep Jamaludin S.pd, Jumat (16/9/2022).

Antisipasi itu, Pihaknya bersama Pengawas Bina dan K3S keliling sekolah dengan mengagendakan rapat guru di setiap Gugus dalam giat KKG. Sebab, konsekwensinya sudah di berlakukannya IKM ini, maka sudah harus menggunakan IKM dan perangkat ajar yang di adopsi langsung platform merdeka belajar. Kalau tidak, mana mungkin bisa mengadopsi pembelajarannya.

"Disini ada 3 Gugus, semuanya sudah keliling dalam rapat KKG dan baru menyasar guru kelas 1, sementara kelas 4 nanti akan di agendakan lagi. Mereka harus input teknis dari Platform Merdeka Belajar, bahkan input dal SIM PKB bagi guru yang belum aktif" Katanya.

Kebanyakan di Karawang tanpa kecuali Karawang Timur, sebut Nacep, menggunakan kategori Mandiri Berubah, dimana pembelajaranya harus IKM dan mengambil perangkat ajar di platform merdeka belajar. Karenanya, ini perlu di dorong dan di edukasi pentingnya input bagi para guru kelas 1 dan 4 khususnya.

"Kalau gak di dorong akan stagnan, sehingga IKM yang seharusnya berjalan jadi begitu-begitu saja, " Keluhnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS