PELITAKARAWANG.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat (Jabar) berharap Forum Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Jawa Barat, sebagai bagian dari generasi milenial bisa ikut serta mensosialisasikan tentang tahapan Pemilu 2024 kepada generasi muda.

Foto : Istimewa
"Saya berharap peran generasi muda melalui Forum OSIS ini, dapat berkontribusi menyebarkan informasi kepada masyarakat tentang kepemiluan," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Jawa Barat, Reza Alwan Sovnidar, dalam keterangan tertulis Humas KPU Jabar, Kamis.

 
Dia mengatakan beberapa waktu lalu, KPU Provinsi Jawa Barat menerima kunjungan dari Forum Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Jawa Barat.
 
Menurut dia, sejumlah pengurus dari organisasi tersebut menyerukan suaranya untuk mendukung suksesnya Pemilu di Jawa Barat.
 
Reza menjelaskan salah satu sasaran KPU adalah menjangkau pemilih pemula melalui sosialisasi.
 
Generasi muda atau generasi Z yang saat ini biasa disebut, menurut dia, menjadi pemilih pemula yang akan berpartisipasi memberikan suaranya pada Pemilu 2024.
 
Pihaknya memberikan pengetahuan bahwa pemilih pemula dikategorikan tidak hanya generasi muda, namun termasuk pensiunan TNI/Polri.

Anggota KPU itu menuturkan perwakilan pengurus Forum OSIS Jabar menyebutkan mereka mengadaptasi kerja KPU sebagai penyelenggara pemilu dalam proses pemilihan OSIS di sekolah.
 
"Jadi adik-adik kita di Forum OSIS Jabar ternyata belajar untuk mengimplementasikan kepemiluan melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh mereka," kata dia.
 
"Informasinya banyak siswa dan siswi yang saat ini duduk dibangku SMA, SMK, dan MA yang mengungkapkan ketertarikan mereka pada dunia sosial dan politik. Artinya mereka ingin belajar untuk menjadi generasi penerus bangsa dalam pemerintah," lanjut Reza.
 
Lebih lanjut Reza menuturkan kunjungan Forum OSIS Jabar ini menjadi langkah bahwa generasi milenial dapat berperan dalam menyukseskan Pemilu 2024 dengan berkontribusi menyuarakan pilihannya sebagai pemilih.(antara)