×

Iklan

Indeks Berita

Launching Gres Kece, Bupati Cellica: Memastikan Masa Depan Bangsa Menyongsong Indonesia Emas 2045

7 Sep 2022 | Rabu, September 07, 2022 WIB Last Updated 2022-09-07T11:42:25Z
Dalam rangka Hari Jadi Karawang ke-389, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang melaunching Gerakan Remaja Sehat Keren dan Cerdas (Gres Kece) di Sekolah Al Azhar Karawang pada Selasa (6/9/2022).


Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh, Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono, Dandim 0604/Karawang, Letkol Kav Makhdum Habiburrahman, Kajari Karawang, Martha Parulina Berliana, Perwakilan Dinkes Provinsi Jabar, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang.

Kepala Dinkes Kabupaten Karawang, dr. Endang Suryadi melaporkan, kegiatan launching Gerakan Remaja Sehat Keren dan Cerdas (Gress Kece) diikuti oleh 389 perserta didik. Menjadi acara yang diikutkan dalam rangkaian Hari Jadi Karawang ke-389.

Dikatakannya, Gress Kece memiliki 4 kunci utama yakni rajin berolahraga, tidak merokok, rajin makan buah sayur, serta minum tablet tambah darah seminggu sekali.

"Agar masyarakat kita, utamanya para remaja mampu dan mau meningkatkan perilaku hidup sehat. Apalagi anak-anak ini adalah tulang punggung negara masa depan," ujarnya.

Sementara itu, Bupati dalam sambutannya menuturkan, Gres Kece bisa menjadi solusi nyata dalam mengembangkan kesadaran masyarakat akan kesehatan.

"Kesehatan itu nomor satu. Percuma uang banyak, punya jabatan penting, kalau kita gak punya kesehatan. Kalau kitanya sakit-sakitan," kata Bupati.

Berdasarkan data, lanjut Bupati, sebanyak 22 persen anak di Karawang mengalami kurang darang. 3 dari 5 anak kurang beraktifitas karena era digital membuat mereka berkutat dengan teknologi. Kemudian, 1 dari 4 anak sudah pernah merokok. Dan 2 dari 3 anak tidak sarapan, dan sering mengkonsumsi makanan siap saji. Itu adalah pola hidup yang tidak sehat. 

"Itu berbanding lurus dengan prevalensi naiknya penyakit struk, diabetes, jantung pada anak-anak muda," katanya.

Gerakan Remaja Sehat Keren dan Kece dengan 4 kunci utama yakni rajin berolahraga, tidak merokok, rajin makan buah sayur, serta minum tablet tambah darah seminggu sekali dimaksudkan untuk mencetak generasi Indonesia yang sehat, kuat dan cerdas. 

Apalagi, kata Bupati, Indonesia telah memasang visi 2045 Indonesia Emas, di mana Indonesia akan mendapatkan bonus demografi dan usia produktif saat itu akan lebih besar dan banyak dibandingkan usia tua atau lanjut Oleh sebab itu, Pemkab Karawang punya kepentingan agar anak-anak Karawang tetap sehat, kuat dan cerdas untuk memastikan masa depan bangsa menyongsong Indonesia Emas 2045. 

"Tugas orang tua adalah menjaga anak-anaknya, tugas guru mendidik anak-anaknya, tugas kami pemda menyiapkan masa depan mereka," ungkap Bupati. (diks)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS