Breaking News
---

Menengok Een Sunengsih di Jatisari, Sinden Pelantun Lagu 'Kiceup Akang' di Masa Sepuh

Een Sunengsih Pesinden asal Cikampek yang saat ini berdomisili di Desa Jatisari Kecamatan Jatisari, tersohor dengan kawih 'Kiceup Akang' di era tahun 1980 an. Dia, Mulai berkiprah sebagai seorang penyanyi sejak usia 7 tahun yaitu pada tahun 1964. Seniman kelahiran 1957 yang belum sempat menamatkan pendidikan SD tersebut, mengulik bakat seni nya dengan manggung setiap malam keberbagai pelosok desa hingga sering di hempas rasa ngantuk saat bersekolah hingga memutuskan untuk berhenti bersekolah memilih menjadi penyanyi dari panggung ke panggung.
Foto : Emak Een, Maestro Sinden Kawih Kiceup Akang di Masa Sepuhnya saat di Kampung Halamannya di Jatisari

Lagu Kiceup Akang adalah lagu yang pertama kali beliau terjun di dunia rekaman pada tahun 1975 dengan musik kliningan dangdut. Rekamannya melalui caseet pita. Lagu Kiceup Akang dikarang oleh Pa Toyib S yang berdomisili pada saat itu di Pagaden Kabupaten Subang. Pertama rekaman Een Sunengsih di bayar seribu rupiah perlagu. Selain Lagu Kiceup Akang dari Volume pertama masih banyak lagi lagu lagu yang direkam di volume berikutnya diantaranya Tukang Salak, Beger Munggaran, peuting Munggaran dan yang lainnya.

"Saya sudah lupa lagi karena sudah lama, namun sayang caset casetnya sebagai dokumen sudah tidak ada lagi karena sering pindah - pindah rumah. hanya ada beberapa yang di masukan ke dalam YouTube entah siapa Ema juga tidak tahu yang memasukannya, tapi itu juga sudah untung ada yang masukin ke YouTube jadi Ema bisa araringet deui (Sunda) /ingat lagi, " kata Een Sunemgsih.

Een Sunengsih mengaku, tinggal di sebuah rumah yang sederhana dipinggir sawah, dan ketika ada tamu ke rumahnya harus melewati gang kecil. Diakui Een, dirinya menikah lebih dari lima kali dan dikarunia 6 orang anak, darahnya sebagi seniman tidak mengalir ke anak - anaknya hanya ada seorang anaknya yang memimpin sebuah group seni degung upacara adat sunda sebagai juru kendang, dan sesekali dirinya juga ikut ketika ada acara panggungan anaknya.

Foto : Emak Een, Maestro Sinden Kawih Kiceup Akang

"Gak nurun darah seni ke anak-anak emak mah, tapi ada sih yang jadi group degung, kadang suka ikut juga ," Katanya. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan