Pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey, London pada Senin 19 September 2022 akan menjadi puncak dari perencanaan yang cermat selama beberapa dekade. Beberapa prosesi akan dilakukan dalam pemakaman penguasa Kerajaan Inggris itu. Berikut adalah rangkaian prosesinya:

Kembali ke biara

Terakhir kali Biara Westminster digunakan untuk pemakaman seorang raja adalah untuk Raja George II pada 1760. Sejak itu, gereja yang biasa digunakan adalah Kapel St. George di Kastil Windsor, tetapi Elizabeth memilih tempat yang lebih besar.

Di pagi hari, prosesi persemayaman peti Ratu Elizabeth II di Westminster Hall sejak Rabu akan diakhiri pada pukul hingga 6:30 pagi (0530 GMT). Setelah itu, pintu Westminster Hall akan ditutup untuk persiapan pemindahan peti mati ke biara terdekat.

Kereta meriam

Tidak lama setelah pukul 10:35 pagi, rombongan pembawa akan mengangkat peti Ratu dari catafalque, platform yang ditinggikan, dan membawanya ke kereta meriam negara yang akan menunggu di luar Pintu Utara Westminster Hall. Kereta meriam negara adalah kereta meriam lapangan yang dipegang oleh Angkatan Laut Kerajaan sejak 1901, ketika ditarik dari dinas aktif untuk pemakaman Ratu Victoria.

Kereta itu juga digunakan untuk pemakaman raja Edward VII, George V, ayah ratu, George VI, perdana menteri masa perang Winston Churchill dan Lord Louis Mountbatten, yang merupakan raja muda terakhir India yang dikuasai Inggris. Ditarik 142 pelaut tamtama junior - peringkat angkatan laut - kereta berangkat pada 10:44 pagi.

Putra tertua dan penerus ratu, Raja Charles III, akan memimpin anggota keluarga kerajaan berjalan di belakang peti mati ke Gerbang Barat Biara Westminster, dan diperkirakan tiba pada pukul 10:52.

Pemakaman akan dipimpin Dekan Westminster, David Hoyle, dengan Uskup Agung Canterbury Justin Welby sebagai pemberi pada pukul 11:00. Menjelang akhir kebaktian sekitar pukul 11.55 WIB, akan terdengar bunyi terompet Last Post yang disusul dengan prosesi mengheneningkan cipta selama dua menit.

Bandara Heathrow London mengatakan penerbangan keluar masuk akan dihentikan selama 15 menit, sebelum dan sesudah mengheningkan cipta. Ibadah akan ditutup dengan lagu kebangsaan dan ratapan, ekspresi musik kesedihan, sekitar tengah hari.

Operasi keamanan besar

Westminster Abbey dapat menampung hingga 2.200 orang. Mereka yang hadir di kongregasi akan mencakup anggota keluarga, Perdana Menteri Inggris Liz Truss, politisi senior, mantan perdana menteri, dan lebih dari 100 raja, ratu dan kepala negara dan VIP lainnya.

Undangan dikirim ke perwakilan dari semua negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Inggris. Namun Istana belum merilis daftar tamu resmi. Dapat dipastikan Rusia dan Belarusia tidak diundang karena perang di Ukraina, kata sumber-sumber diplomatik pekan ini.

Myanmar yang dikelola militer dan Korea Utara yang terisolasi juga tidak diundang, begitu juga perwakilan dari Suriah, Venezuela, atau Afghanistan yang dikuasai kelompok Taliban.

Perjalanan ke Windsor

Pada pukul 12:15, peti mati akan ditarik dengan kereta meriam, diikuti dengan berjalan kaki oleh anggota keluarga kerajaan yang dipimpin Raja, ke Wellington Arch di Hyde Park Corner dekat Istana Buckingham. Dari sana, peti akan dibawa ke Windsor dengan mobil jenazah kerajaan.

Mobil jenazah akan tiba di Windsor pada pukul 15:06 dan menuju kastil melalui jalan Long Walk, sekali lagi dengan penerbangan keluar masuk yang dihentikan, karena kastil berada di jalur penerbangan Heathrow. Raja dan anggota senior keluarga kerajaan akan mengikuti prosesi dengan berjalan kaki dari Quadrangle di Kastil Windsor sekitar pukul 15:40 sebelum rombongan berhenti di kapel pada pukul 15:53.

Layanan komitmen yang disiarkan televisi dimulai pada pukul 16:00

Ibadah hari Senin diperkirakan akan dihadiri sedikitnya 800 orang, yang sebagian besar tidak akan hadir di biara. Mereka akan mencakup anggota staf terdahulu dan sekarang yang bekerja untuk Ratu.

Di akhir kebaktian, peti mati akan diturunkan ke Royal Vault saat peniup ratu memainkan ratapan dari ambang pintu dan Uskup Agung Canterbury mengucapkan berkat. "God Save the King" akan dinyanyikan dan kebaktian berakhir.

Tempat peristirahatan terakhir

Sebuah prosesi pemakaman pribadi akan diadakan pada pukul 19:30. Tempat peristirahatan terakhir sang Ratu adalah kapel peringatan Raja George VI, yang merupakan lampiran dari kapel utama, bersama suaminya Pangeran Philip.

Ibu dan ayah ratu - Raja George VI dan Ratu Elizabeth ibu suri - dimakamkan di sana bersama abu adik perempuannya, Putri Margaret (medcom)