Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2022/2023.

Foto: Ribuan Mahasiswa Baru UBP Karawang Khidmat Ikuti Materi PKKMB Tahap Pertama

Kegiatan PKKMB tahap 1 ini diikuti oleh ribuan mahasiswa baru dari berbagai jurusan dan dilaksanakan secara hybrid. Sebanyak 515 peserta mengikuti secara langsung di aula 1 lantai 3 gedung rektorat UBP Karawang, sementara 500 peserta lainnya mengikuti secara daring atau melalui sistem online.

“Untuk tahap dua nanti dilaksanakan online semua. Tema dalam kegiatan PKKMB tahun ini adalah mewujudkan generasi unggul, mandiri, bertanggung jawab serta berwawasan kebangsaan dalam praktik kampus merdeka,” ujar Ketua Panitia PKKMB UBP Karawang Deny Guntara kepada wartawan, Sabtu (3/9/2022).

Deny menuturkan, pelaksanaan PKKMB tahap 1 ini dilaksanakan hybrid karena ruang atau kapasitas aula yang digunakan cukup terbatas. Sementara mahasiswa baru yang mengikuti pada tahap lebih dari seribu mahasiswa baru.

Oleh karena itu, kata Deny, pihaknya melakukan seleksi terhadap peserta melalui aplikasi yang dimiliki oleh kampus untuk menjaring 515 peserta yang mengikuti secara langsung dan sisanya mengikuti rangkaian kegiatan melalui online.

“Yang ikut secara offline salah satu kriterianya yang tempat tinggal hanya berjarak 2KM dari kampus,” jelasnya.

Deny juga mengatakan, pelaksanaan PKKMB tahap 1 sesuai dengan panduan dari kementerian dan digelar selama dua hari yaitu pada Sabtu (3/9) dan Minggu (4/9). PKKMB diisi dengan berbagai penyampaian materi diantaranya tentang kemahasiswaan, kedisiplinan, karakter, motivasi dan materi-materi lainnya serta berbagai pengenalan kehidupan kampus.
“Dan yang jadi ciri khas dari UBP juga yaitu materi hipnoterapis,” ucapnya.

Setelah selesai PKKMB, tambah Deny, agenda selanjutnya yaitu kegiatan di masing-masing fakultas kemudian pengisian KRS sebelum proses perkuliahan dimulai.

“Proses perkuliahan nanti pertengahan September,” pungkasnya. (Rd)