*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Ini 10 Alat Komunikasi Modern yang Sering Digunakan Sehari-hari

Alat komunikasi modern adalah media canggih yang digunakan untuk transmisi pesan dari komunikator kepada komunikan. Perbedaan antara alat musik tradisional dan modern ditandai dengan unsur teknologi. Alat komunikasi modern memanfaatkan bahkan cenderung dengan aliran listrik, jaringan sinyal dan berhubungan teknologi lainnya.

Foto ilustrasi telepon Kantor

Alat komunikasi modern memiliki jangkauan luas. Selain itu, alat komunikasi modern menghasilkan informasi atau pesan yang canggih, seperti memuat tulisan, gambar hingga gambar bergerak. alat modern komunikasi juga memungkinkan manusia untuk bertukar informasi dengan cepat meskipun jaraknya yang jauh.


Berikut ini beberapa contoh alat komunikasi yang sudah dilansir dari berbagai sumber:
1. Radio

Alat komunikasi yang satu ini bekerja sebagai penerjemah golongan sinyal yang menghasilkan informasi berupa suara. Radio sangat diminati oleh banyak kalangan publik yang kurang suka untuk membaca dan pada akhirnya hanya mendengarkan berita melalui telinga.

Cara menggunakan radio juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mencari sinyal radio lewat konsol putaran yang tersedia pada radio, apabila sudah menemukan sinyalnya kamu bisa mendengarkannya dengan santai.



2. Faksimili

Alat komunikasi ini digunakan untuk mengirim dokumen melalui jaringan kabel telepon analog. Pada perkembangan selanjutnya faksimili sudah memanfaatkan jaringan internet.

Faksimili berbentuk seperti kombinasi antara telepon dan mesin fotocopy. Cara kerja faks juga merupakan gabungan fungsi beberapa alat yaitu telepon, scanner, fotocopy dan juga printer. Mesin faks akan menerima dokumen berupa kertas yang nantinya akan di scan lalu dikirimkan kepada penerima dengan memasukkan nomor faksimili yang dituju.


3. Telepon

Telepon ditemukan pada tahun 1871 oleh Antonie Meucci. Dia mematenkan penemuan itu dan dinamakan dengan sound telegraph. Alat ini bisa memungkinkan komunikasi dalam bentuk suara antar 2 orang dengan perantara kabel.

Pada tahun 1940 telepon sudah banyak digunakan oleh orang-orang. Telepon menjadi alat bantu perang, membidik tembakan sehingga meningkatkan kualitas radar. Telepon digunakan untuk keperluan militer selama perang. Hingga saat ini, telepon masih banyak digunakan sebagai sarana komunikasi.


4. Handy Talky

Alat komunikasi ini sering digunakan di perangkat keamanan seperti petugas keamanan di bank, pasukan pengaman presiden, hingga anggota kepolisian. Alat komunikasi ini berbentuk seperti telepon genggam keluaran lama yang memiliki antena Panjang dengan layar kecil tanpa warna dan susunan tombol.

Alat ini bekerja dengan memanfaatkan gelombang radio. Jarak tempuh komunikasi handy talky adalah sepanjang 12 mil. Komunikasi yang dihasilkan oleh handy talky sayangnya hanya bersifat sementara karena salurannya bisa berganti setiap waktu.


5. Email

Email pertama kali ditemukan oleh Ray Tomlinson yang menjadi program Arpanet pada tahun 1971. Email merupakan surat elektronik yang bisa mengirim dan menerima informasi berupa tulisan dan gambar.

Cara menggunakan email yaitu membutuhkan gadget, modem atau alat yang terhubung dengan internet. Saat ini email digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti promosi produk, mengirim surat penting perusahaan hingga mengirimkan tugas sekolah.


6. Smartwatch

Smartwatch merupakan alat komunikasi yang pertama kali dikembangkan oleh seorang pria asal Kanada yang bernama Steve Mann pada tahun 1998. Smartwatch ini memiliki layar yang terkomputerisasi dan dapat dihubungkan dengan ponsel. Notifikasi yang muncul pada ponsel bisa ditampilkan pada layar smartwatch sehingga kita dapat mengetahui pesan masuk melalui smartwatch tanpa harus mengecek ponsel.


7. Smartphone

Awalnya smartphone yang sebelumnya dikenal dengan nama handphone atau telepon genggam hanya bisa menerima pesan singkat atau telepon saja. Oleh karena itu, handphone hanya membutuhkan sinyal jaringan seluler.

Setelah melalui serangkaian inovasi dengan kecanggihan teknologi, telepon seluler tidak hanya bisa menerima pesan atau panggilan telepon. Smartphone yang terhubung dengan jaringan internet memiliki akses yang tidak terbatas di dunia maya seperti sosial media, mesin pencarian online hingga e-commerce.


8. Tablet

Tablet merupakan contoh dari komputerisasi yang menggunakan pena. Oleh karena itu, pengembangan tablet memiliki sejarah yang dalam. Hak paten pertama untuk sistem yang menggunakan tulisan tangan dengan menganalisis Gerakan tulisan tangan diberikan sejak tahun 1915 dan dipublikasikan secara umum pada tahun 1956. Tablet dapat didefinisikan sebagai jenis komputer notebook yang memiliki layar LCD yang dimana pengguna bisa menulis dengan menggunakan pena khusus.


9. Intercom

Alat komunikasi yang satu ini bekerja dengan mengaplikasikan teknologi tanpa kabel yang menghubungkan antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Namun intercom ini memiliki kekurangan yaitu segi radius yang sangat pendek. Terkadang jika radius sudah melampaui batas maka akan terjadi gangguan atau noise.

Cara kerja intercom cukup rumit, pertama kamu harus padukan kode sinyal agar dapat terhubung dengan cara memutarnya, jika saluran sudah sama maka kamu bisa berkomunikasi dengan menekan tombol break.


10. Televisi

Televisi mengalami inovasi selama beberapa puluh tahun. Awalnya televisi terdiri dari gambar diam yang ditampilkan berkecepatan tinggi. Dulu, alat ini hanya bisa menampilkan gambar berwarna putih dan hitam.

Televisi dikembangkan pada akhir abad ke-19. Saat itu konsep pengiriman gambar bergerak menggunakan daya elektrik, kemudian televisi mengalami perkembangan hingga sekarang. Saat ini televisi sudah bisa ditonton secara streaming melalui internet. Selain itu, ukuran dan tampilan televisi semakin besar dan berwarna.

Itulah beberapa hal tentang alat komunikasi modern yang hingga kini masih banyak digunakan.

Sumber: Bisnis.

Komentar0