×

Iklan

Indeks Berita

Berdayakan Warga Binaan, Lapas Kelas II A - Kodim 0604/Karawang Teken MoU

13 Okt 2022 | Kamis, Oktober 13, 2022 WIB Last Updated 2022-10-13T08:29:15Z
Komandan Kodim 0604/Karawang, Letkol Kav Makhdum Habiburrahman melakukan silaturahmi kebangsaan sekaligus penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Karawang. Kamis (13/10/22).
Foto : Lapas Kelas II A Karawang Teken MoU Bareng Kodim 0604/Karawang


Kedatangan Dandim di Lapas Kelas IIA Karawang disambut langsung oleh Kalapas beserta jajarannya.


Sebelum kegiatan dimulai, Lapas Kelas IIA Karawang menampilkan kesenian tari jaipong, pembacaan puisi serta akustikan yang yang dilakukan oleh warga binaan. 

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri langsung Kalapas Kelas IIA Karawang, Lenggono Budi, Perwakilan Kemenag Kabupaten Karawang, Perwira Kodim 0604/Karawang, petugas Lapas Kelas IIA Karawang, pramuka serta warga binaan Lapas Kelas IIA Karawang.

Dandim mengatakan, silaturahmi kebangsaan antara Kodim 0604/Karawang dengan Lapas Kelas IIA Karawang, pertama adalah penandatanganan MOU kerjasama.

"Apa yang bisa kita kolaborasikan bukan hanya membantu kegiatan Lapas tapi juga apa karya-karya yang dihasilkan oleh warga Binaan untuk kedepannya kita bisa berkolaborasi, tadi juga memberikan pencerahan dan motivasi kepada warga Binaan, karena bagaimanapun mereka adalah manusia yang pernah salah, dan kita motivasi mereka supaya bisa menjadi warga yang bermanfaat," ujar Dandim.

Diungkapkan Dandim, penandatangan perjanjian kerjasama yang dilakukan ini menurutnya jangan sampai Lapas Kelas IIA Karawang bekerja sendiri.

"Mereka punya keterbatasan ruang dan waktu sehingga mereka bekerja sendiri. Kita coba memberdayakan bahwa karya-karya yang dibuat oleh warga binaan ini bisa kita promosikan juga keluar dan bisa menjadi bentuk usaha baru bagi mereka, sehingga keinginan saya mereka keluar dari Lapas ini mereka bisa melanjutkan karya dan seni yang bermanfaat, dimulai dari Lapas sejak mereka menjadi warga Binaan Lapas," pungkas Dandim.

Kalapas Kelas IIA Karawang, Lenggono Budi mengatakan, bahwa di Lapas Kelas IIA Karawang ada dua katagori pembinaan yakni pembinaan kemandirian dan kepribadian.

" Terkait kegiatan pembinaan kemandirian tentu saja disampaikan bahwa kita tidak bisa bekerja sendiri pasti kita harus bersinergi dengan instansi lain seperti dari pemerintah daerah," ujar Kalapas.

Sambung Kalapas, untuk pembinaan kepribadian yang ada di Lapas Karawang yakni salah satunya adalah kesenian tari dan kreasi puisi. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS