Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kabupaten Karawang berhasil memadamkan si jago merah pada gudang kasur Toko Utama, Dusun Jati RT 002 RW 005 Desa Rengasdengklok Utara, kecamatan Rengasdengklok pada Minggu (2/10/2022).
Foto : Saat terjadi peristiwa kebakaran di lokasi kejadian


Kepala Bidang Damkar dan Penyelamatan pada Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang menuturkan, kebakaran tersebut terjadi pada pukul 16.00 WIB. Laporan diterima oleh Damkar Pos Rengasdengklok, dan pihaknya dengan sigap mengerahkan 5 personel dan satu unit mobil damkar.

“Tim bergegas menuju lokasi kebakaran, satu dikerahkan dari Pos Damkar Rengasdengklok. Kemudian kami mengirim 3 unit tambahan, 2 dari pusat dan 1 dari Pos Damkar Telagasari dengan total 20 personel yang dikerahkan,” ujarnya ketika dikonfirmasi.

Penyebab kebakaran, lanjut dia, diduga terjadinya arus pendek dan kebakaran tersebut. Beruntung, pada kebakaran tersebut tidak memakan korban jiwa maupun korban luka. Api berhasil dipadamkan pada pukul 16.40 WIB dan hingga berita ini ditulis petugas masih dalam usaha melakukan pendinginan.

Rohmat mengimbau, masyarakat diharapkan mengetahui nomor-nomor darurat dari Damkar Karawang agar tidak terjadi keterlambatan dalam melakukan tindakan.

 “Masyarakat diharapkan bisa meningkatkan kewaspadaan mulai dari memeriksa arus listrik dan kompor gas didapur. Jika terjadi kebakaran dan api mulai membesar diharapkan juga masyarakat agar menyimpan nomor-nomor Damkar agar pelapor yang berdomisili di dekat kejadian dapat melapor, sehingga pihak damkar dapat bertindak lebih cepat lagi,” kata dia.

“Kami juga berharap agar yang melaporkan tidak hanya petugas atau aparat, melainkan masyarakat juga ikut peduli dengan mengetahui nomor-nomor emergency Damkar,” imbuhnya. (Rls)