Bersama anggota Polsek, Puskesmas Kotabaru turunkan dokter, bidan, perawat hingga petugas lab untuk menjaring pemeriksaan HIV/Aids di Lokalisasi Kali Asin Desa Pangulah Baru Kecamatan Kotabaru, Kami malam (7/9/2022). Wal hasil, dari sekitar 23 penjaja seks yang terjaring pemeriksaan reagen jenis focus, sd dan indec, di dapati 10 diantaranya positif HIV.

"Semalam kita lakukan giat pemeriksaan HIV di lokalisasi Kali Asin. Yang di periksa ada 23 orang, 10 diantaranya positif dan sebagiannya kabur saat pihak kami mendatangi lokasi, " Kata Ucin Supriyadi, S.Km, Kepala Puskesmas Kotabaru.

Foto : Petugas Puskesmas Kotabaru Saat Melakukan Pemeriksaan HIV di Lokalisasi Kali Asin


Ucin menambahkan, bersama anggota Polsek dan Yayasan Resik Karawang, pihaknya memulai pemeriksaan sekitar pukul 21.00 Wib malam dan berakhir sampai pukul 23.30 Wib. Selain di dapati 10 orang hasilnya positif, pihaknya juga deteksi 3 orang yang di periksa mengidap penyakit sipilis. Adapun penghuni lokalisasi kali asin yang di periksa ya tersebut, rata-rata merupaka pendatang asal Semarang, Subang, Karawang dan Indramayu.

"Kita lakukan ini untuk pengchekan dan menekan laju jumlah pengidap HIV kedepan. Adapun yang sudah kadung positif, nanti di arahkan pengobatan khusus yang tersedia di Puskesmas Kotabaru untuk di konsumsi rutin bertahun-tahun kedepam agar bisa sembuh, " Katanya. (Rd)