Pokmaswas Mina Jaladri yang juga pengelola PRPM Pasirputih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon bersama Pertamina Hulu Energi ONWJ, edukasi masyarakat pesisir soal pentingnya kebersihan lingkungan muara sungai di hilir. Selain memberikan sosialisasi dari rumah ke rumah untuk 'tidak' membuang sampah ke sungai, akses jalanan gang di lokasi itu, di sediakan sejumlah tong untuk menampung sampah rumahan.
Foto : Sediakan Tong Sampah dan Memilah Sampah Organik dan Non Organik, Pokmaswas - PHE Beri Edukasi Kebersihan Lingkungan


Pokmaswas Minajaladri Pasirpitih, Sahari mengatakan, sejumlah media tong sampah berdiameter seukuran drum, di sediakan PHE ONWJ untuk bersama-sama mengedukasi akan pentingnya kebersihan lingkungan, khususnya di area muara hilir sungai. Dengan tong yang jumlahnya 10 unit yang masing-masing berkapasitas penyedia sekitar 20 jiwa, akan mampu menampung sampah yang di rasakan manfaatnya bagi 200 jiwa. 

Foto : Sediakan Tong Sampah dan Memilah Sampah Organik dan Non Organik, Pokmaswas - PHE Beri Edukasi Kebersihan Lingkungan

"Nanti sampah yang sudah di tampung, akan di angkut ke tempat pengolahan sampah akhir, dan sampah yang tidak bernilai ekonomi, nanti di bakar dan dari hasil pembakarannya, akan keluar asap cairan yang di manfaatkan fungsinya untuk mengusir hama dan penyubur tanaman, " Katanya, Rabu (5/10/2022).

Sahari menambahkan, selain menyediakan tong di sejumlah titik akses gang jalanan, media ini sekaligus memberi pesan sosialisasi ke rumah-rumah masyarakat agar memastikan untuk tidak buang sampah sembarangan dan buang ke tempat yang sudah tersedia saat ini.

"Dulu banyak yang buang sampah ke sungai karena memang media atau tempat sampahnya tidak ada, nah sekarang di sediakan kami bersa PHE ONWJ, semoga bermanfaat dan memastikan untuk membuang sampah pada tempatnya, " Pungkasnya. (Rd)