Gunung Kerinci, Jambi, kembali mengalami erupsi. Ketinggian abu vulkanik mencapai 300 meter dari atas permukaan laut.

Gunung Kerinci, Jambi, kembali mengalami erupsi. Ketinggian abu vulkanik mencapai 300 meter dari atas permukaan laut.

Dilansir detikSumut, Kamis (27/10/2022), erupsi terjadi pukul 17.58 WIB hingga pada pukul 20.51 WIB dengan mengeluarkan abu vulkanik berwarna kelabu hingga hitam. Erupsi gunung berapi itu tercatat dalam laporan Badan Geologi, Kementerian ESDM.

"Telah terjadi erupsi Gunung Kerinci Jambi dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 300 meter di atas permukaan laut. Erupsi ini masih terjadi sampai malam ini," kata Kepala BMKG Kerinci, Jambi, Kurnia Ningsih, dikutip dari lama detikSumut, Kamis (27/10).

Berdasarkan data Badan Geologi, Gunung Kerinci berada pada level II atau waspada. Masyarakat di sekitar Gunung Kerinci maupun pengunjung dan wisatawan dilarang mendaki kawah puncak Gunung Kerinci di dalam radius 3 km.

Selain itu, masyarakat juga dilarang beraktivitas di dalam radius berbahaya KRB III. Kurnia menambahkan jalur penerbangan di Bandara Depati Parbo Kerinci masih tetap dibuka.

"Untuk Bandara di Depati Parbo Kerinci masih dibuka, namun untuk rute pesawat yang melewati Kerinci sebaiknya dihindari, selama ada erupsi Gunung Kerinci diminta untuk mencari rute yang lain, dan tidak melintasi jalur udara Kerinci," terang Kurnia.(*)