Jelang di bukanya seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada formasi Badan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BKKBN) tahun 2022 yang masih tentatif, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Karawang, bekerja sama dengan Ikatan Penyuluh KB (IPeKB) Karawang, melaksanakan pembinaan kepada ratusan Penyuluh KB (PLKB) Non-PNS, Selasa (25/10/2022).
Foto : Seleksi PPPK Segera di Buka, Penyuluh KB Non PNS di Beri Pembekalan dan Pembinaan Hadapi Tes


Pembinaan itu dilakukan sebagai pembekalan PLKB Non PNS di Karawang dalam menghadapi tes seleksi PPPK BKKBN, yang rencananya bakal digelar pada Bulan November 2022 mendatang. Acara yang digelar secara hybrid itu, dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepulloh, Kepala DPPKB Karawang Hj Sofiah, pengurus IPeKB Karawang, dan puluhan peserta yang hadir langsung di lokasi.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Karawang, Aep Syepulloh memberikan apresiasi kepada DDPKB Karawang, khususnya kepada Pengurus IPeKB Karawang yang telah menggelar acara tersebut. Menurutnya, pembekalan jelang seleksi PPPK sangat penting. Mengingat, seleksi PPPK tidak hanya mengandalkan skill, tapi juga mengedepakan hasil tes melalui passing grade.

“PLKB di Karawang itu luar biasa, mereka banyak membantu program pemerintah daerah, mulai dari vaksinasi Covid-19 oleh bidan, sosialisasi pencegahan Covid, sekarang ditambah lagi stunting. Jadi saya berharap dalam seleksi PPPK BKKBN tahun ini, akan lebih banyak lagi PLKB yang diterima dan lolos seleksi,” Katanya.

Tahun lalu, sebutnya dari ratusan peserta yang mengikuti seleksi PPPK BKKBN, hanya ada 16 orang PLKB non PNS yang lulus dan diterima sebagai PPPK. Karenanya, melalui kegiatan ini, Aep berharap akan lebih banyak lagi PLKB non PNS di Karawang yang diangkat jadi PPPK di BKKBN. 

“Selain itu, kita perlu juga pikirkan dan siapkan regenerasinya. Jangan sampai Ketika PLKB terbaik kita lolos PPPK, tapi justru tak ada penerus yang sebanding di lapangan,” pesannya.

Sementara itu, Kepala DPPKB Karawang, Hj Sofiah melalu Sekretarisnya, Imam Bahanan Alhusaeri menjelaskan, DPPKB Karawang melalui pengurus  IPeKB sangat focus dalam mempersiapkan sumber daya manusia terbaik demi mensukseskan program Bangga Kencana di Karawang.

Pihaknya, kata Imam, tak hanya memfasilitas pembekalan untuk menyongsong seleksi PPPK oleh BKKBN bulan depan. Akan tetapi, IPeKB Karawang sebagai organisasi profesi para penyuluh KB juga bakal menggelar bimbingan belajar (Bimbel) agar calon peserta PPPKB BKKBN mampu menguasai soal dan mendapatkan nilai tertinggi di dalam seleksi nanti.

“Jadi selain pembekalan ini, ke depan ratusan PLKB non PNS calon peserta seleksi PPPKB di BKKBN bakal mengikuti kegiatan Bimbel yang dibimbing langsung para senior mereka di IPeKB Karawang,” beber Imam.

“Dengan begitu diharapkan mereka akan mampu menguasai semua materi, mulai dari seleksi berkas hingga mengisi soal tes nanti,” harapnya.

Sementara, Ketua IPeKB Karawang Nurul Fajriyah menambahkan, kegiatan pembinaan PLKB non PNS calon poeserta PPPK di BKKBN ini, tidak hanya mendapatkan materi dari para senior PLKB saja. Sebagai bentuk keseriusan mereka menyongsong seleksi PPPK bulan depan, IPeKB Karawang bahkan menyiapkan pemateri langsung dari BKKBN Pusat.

“Sebagai komitmen dan bentuk keseriusan kami, kita hadirkan langsung Direktur Lini Lapangan pada BKKBN pusat sebagai pemateri, untuk memberikan langsung arahan tentang bagaimana proses pendaftaran seleksi PPPKB di BKKBN,” ujar Nurul.

“Kami di IPeKB Karawang berharap, melalui pelatihan ini banyak PLKB non PNS di Karawang yang bisa bersaing di seleksi PPPK tahun ini. Kalau ditanya target yang jelas ingin lebih dari tahun kemarin, maksimalnya sebanyak-banyaknya,” pungkasnya. (Rd)