Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Perikanan Kabupaten Karawang terus mendorong Realiasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada sektor perikanan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, H. Ade Sudiana mengatakan, pihaknya akan memulai dengan menuntaskan permasalahan Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada dinas tersebut.

Menurutnya, Ia pun tidak menutup kemungkinan bahwa kendala-kendala yang terjadi di lapangan mulai dari TPI hingga nelayan, dan sebagai informasi sebelumnya yakni pengaruh cuaca yang menjadi faktor utama.
Foto : H.Ade Sudiana

H. Ade yang kini resmi dilantik sebagai kepala dinas tersebut yang sebelumnya sebagai Kepala Dinkop UKM Kabupaten Karawang ini akan memulai dengan menyelasaikan permasalahan yang ada di lapangan.

"Ada 13 Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di kita, tapi belum berjalan maksimal, akan kita diskusikan dengan para pimpinan TPI untuk melihat kendala apa yang yang terjadi," ungkapnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, dirinya akan berupaya menggali potensi serapan retribusi baru pada Dinas Perikanan Kabupaten Karawang.

"Ada potensi galian serapan, seperti tambak, itu nanti kita akan berupaya agar tambak itu bisa kita kelola dengan baik agar target PAD kita bisa tercapai," katanya.

Dan untuk saat ini, pihaknya masih optimistis dan akan terus berupaya pada sisa tahun 2022 ini agar Realisasi PAD Dinas Perikanan dapat maksimal.

"Bismillah, kita masih optimis akan capai target, kalau pun belum mencapai target, setidaknya bisa semaksimal mungkin realisasi PAD-nya," ungkapnya. (Jn)