Hasil monitoring dan evaluasi (Monev) sejumlah dana transfer desa, ikut pengaruhi percepatan serapan anggaran yang bersumber dari Dana Desa (APBN). Pasalnya, temuan monev bersama tim DPMD dan Tenaga Ahli Kementrian Desa di lapangan, langsung di sikapi  pemerintah desa untuk menggelar segera kegiatan distribusi anggaran mayoritas sudah turun.
Foto : Tim DPMD dan TA Kemendes saat Monev Progres Dana Transfer Desa di Sejumlah Kecamatan


"Hasil monitoring tim selalu menekankan pihak desa agar segera melaksanakan kegiatan tanpa berlama-lama menunda. Alhamdulillah, mayoritas yang masih sedikit lambat kebanyakan siap menyanggupi. Sehingga, Monev dan pembinaan kemarin itu, berefek pada percepatan, bahkan yang tadinya belum salur misalnya BLT DD, sehari sebelum Monev justru ada yang langsung salur sempurna dan memang ini yang kita harapkan, " Kata Kabid Administrasi Pemerintahan Desa (APD) DPMD Karawang, Andry Irawan, Jumat (28/10/2022).

Sejauh ini, sebut Andry, dari 297 desa, sisa BLT yang belum mengajukan sebanyak 161 desa dan 152 desa belum mengajukan yang non BLT. Namun demikian, pencairan anggaran APBN ini yang berangsur terus berlangsung di pekan ini dan pekan yang akan datang, akan semakin banyak progresnya. Sehingga, sebut Andry, target percepatan serapan anggaran Dana Desa dan segudang kegiatannya di tahun 2022, di target harapannya tuntas pada pertengahan November ini.

Foto : Tim DPMD dan TA Kemendes saat Monev Progres Dana Transfer Desa di Sejumlah Kecamatan

"Target kita mudah-mudahan november sudah tuntas, diantara sisanya itu sedang berproses, insha Allah tercapai serapan dan kegiatannya sebagaimana alokasi yang telah di tekankan dalam aturan dan perundang-undangan, " Katanya.

Monitoring, sebut Andry, tak mesti kelapangan, sebab tim juga memantau lebih dalam progresnya lewat aplikasi Siskeudes. Sehingga, pihaknya tahu, desa mana saja yang belum melaksanakan dan yang sudah atau masih dalam proses.

"Kita tak henti berikan perintatan, jika ada yang belum melaksanakan, maka di arahkan segera selesaikan pengajuan dan laksanakan kegiatannya, " Pungkasnya. (Rd)