×

Iklan

Indeks Berita

Keren, SDN Palumbonsari 1 Wadahi Segudang Minat Ekstrakulikuler Siswa

3 Okt 2022 | Senin, Oktober 03, 2022 WIB Last Updated 2022-10-03T12:50:00Z
Eksistensi ekstrakurikuler di sekolah, bukan saja untuk mencetak prestasi non akademik para siswa, lebih dari itu ekstrakurikuler mampu bekali para siswa semakin kreatif dan terampil di masyarakat serta mencetak karakter profil pelajar pancasila berikut life skillnya untuk menyempurnakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di sekolah penggerak. 
Foto : Keren, Segudang Ekstrakulikuler Wadahi Siswa SDN Palumbonsari 1 Kecamatan Karawang Timur


Hal itu di katakan Kepala SDN Palumbonsari 1 Kecamatan Karawang Timur, Hj Bety Nurbaety, Senin (3/10/2022).

Menurut Kepala SD berprestasi tingkat Kabupaten Karawang ini, di sekolahnya bukan saja cakap pada eskul wajib seperti organisasi kepanduan Pramuka baik siaga maupun penggalang, tetapi juga tersedia penyesuaian minat siswa pada eskul pilihan seperti pencaksilat, bulu tangkis, futsal hingga taekwondo. Bahkan, di bidang seni, para siswa juga di wadahi eskul seni tari, latihan vokal, qasidah, hingga pelatihan bahasa 'English Club'. Semua itu, sebut Betty, terjadwal setiap sore hari usai pulang sekolah, ada yang di komplek lapangan sekolah, maupun tempat lainnya seperti GOR terdekat oleh para mentor khusus dan teruji.

Foto : Keren, Segudang Ekstrakulikuler Wadahi Siswa SDN Palumbonsari 1 Kecamatan Karawang Timur

"Eskul ini muncul sesuai peminatan dan atas inisiatif orangtua, kemudian pihak sekolah mengakomodirnya. Sebab, eskul hadir bukan untuk demi target prestasi di even-even tertentu, tapi lebih dari itu adalah untuk mengasah keterampilan siswa atau life skill dan mewadahinya di sekolah, " Katanya. 

Lebih jauh Bety menambahkan, salah satu struktur dari kurikulum merdeka diantaranya ada tiga, yaitu intra kulikuler, ko kurikuler yang kita kenal dengan Project Penguatan Profile Pelajar Pancasila (P5) dan terakhir adalah ekstrakurikuler. Sebagai sekolah penggerak dan menjalankan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), maka ketiga struktur itu harus sempurna di laksanakan.

"Alhamdulillah, SDN Palumbonsari 1 mampu mewadahi minat siswa lewat segudang ekstrakulikuler, salah satu andalannya adalah Taekwondo, karena menjadi satu -satunya ekskul yang terbilang langka di Kecamatan Karawang Timur, namun bisa kita hadirkan lewat asuhan forum taekwondo khusus dari Karawang, " Tutupnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS