Pemerintah Kota Bekasi yang memiliki jumlah penduduk 2,5 juta jiwa dengan 12 kecamatan dan luas wilayah 210 km² ini, memiliki Dinas Damkar yang cukup representatif. Atas dasar itu, Komisi IV DPRD Karawang kunjungi Kota penyangga Ibu Kota tersebut baru-baru ini.
Foto : Anggota Komisi IV DPRD Karawang Saat Kunker Ke Dinas Damkar Kota Bekasi


Dikatakan Dewan Komisi IV, dr Atta Subagjadinata, Dinas yang sudah mandiri (tidak nginduk ke dinas lain_red) yang tupoksinya dibidang penanggulangan pencegahan serta penyelamatan terhadap bencana kebakaran dan lainnya ini, sudah memiliki fasilitas penanggulangan dan pencegahan kebakaran meliputi 1 markas komando (mako) serta 5 sektor dengan 23 unit mobil damkar, 2 unit mobil rescue, 4 mobil operasional. Dengan semboyan pantang pulang sebelum padam, Damkar Bekasi sebutnya, diperkuat 663 personel yang terdiri dari 571 tenaga kontrak dan 71 tenaga pelaksana dan 21 tenaga eselon 2 dan 3.
"Bahkan, dinas ini di topang pagu anggaran APBD Kota Bekasi sebesar Rp50 miliar di tahun ini, " Katanya, Senin (10/10/2022).

Foto : Anggota Komisi IV DPRD Karawang Saat Kunker Ke Dinas Damkar Kota Bekasi

Program pencegahan dan edukasi masyarakat sambung Dewan PKs ini, dilakukan melalui penyuluhan di masyarakat, sekolahan, bahkan memanfaatkan media sosial FB, IG Twitter dan lainnya, serta program pemberdayaan partisipasi masyarakat dengan pembentukan tim relawan Redkar (Relawan Pemadam Kebakaran) disetiap kelurahan dan tingkat RW yang diberikan pembinaan penyuluhan dan pelatihan secara berkelanjutan, sehingga semua anggota dan masyarakatnya, sebut Ataa, memiliki skill dan kesigapan dalam menghadapi bahaya kebakaran.

"Dengan aplikasi sitekar dan sigercep masyarakat kota Bekasi bisa mengakses kapanpun ketika ada bahaya kebakaran sehingga dalam 15 menit petugas akan sigap sudah hadir menanggulangi, " Ujarnya.

Atas kinerja dan peran serta eksistensinya di masyarakat, sambung Dewan asal Dapil IV ini, Damkar Bekasi mendapatkan apresiasi dari hasil survey kepuasan masyarakat mencapai 81, 33%. Banyak hal keberhasilan Kota Bekasi dalam tata kelola Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang masih jauh dari yang sudah bisa dicapai pemkab Karawang, terutama masih nginduknya bidang Damkar di Dinas BPBD. 

"Semoga di Karawang, bisa segera menjadi dinas Mandiri agar bisa bekerja lebih optimal dan representatif, " Pungkasnya. (Rd).